LVRI Kota Batam Bersama Expeacekeeper Polri Polda Kepri dan PD PPM Kepri Rayakan Hari Veteran Nasional di TMP Bulang Gebang

0
569

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Legiun Veteran Republik Indonesia, Kota Batam menggelar upacara Peringatan Hari Veteran Nasioanal yang diikuti Veteran pejuang, Veteran Pembela dan Veteran Perdamaian (ExPeacekeepers) Polri Polda Kepri

serta Pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) Kepalauan Riau pada hari Senin,  (10/08/2020) pukul 08.00 Wib, di Taman Makam Pahlawan Bulang Gebang, Batu Aji-Batam.

BACA JUGA : Polwan Polres Kepulauan Anambas Gelar Bakti Sosial Sambut Hut Polwan ke-72

Perayaan hari Veteran Tahun ini yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2020 mengangkat thema, “LVRI Bersama Pemerintah dan Masyarakat Bertekad melaksanakan Pewarisan JSN 45 dan Mensukseskan Pembangunan Nasional di Bidang Sumber Daya Manusia”.

Dalam kesempatan tersebut, usai menggelar upacara hari Veteran Ketua LVRI Kota Batam Nyonya Putri Kaligis menyampaikan, bahwa hari kemerdekaan RI itu ada berkat adanya Veteran.

BACA JUGA : Personel Polres Kepulauan Anambas Tingkatkan Latihan Pengendalian Massa Hadapi Pilkada 2020

“Hari Kemerdekaan itu ada, karena adanya Veteran (Pejuang-red). Jadi bangsa kita dulu berjuang melawan penjajah, berjuang mati-matian yang mana pada akhirnya ada kesepakatan gencatan senjata pada tengah malam antara tanggal 10 dan 11 Agustus, itulah yang kita rayakan sekarang,” ucap Ketua LVRI Kota Batam.

Lanjut Putri Kaligis,”Untuk generasi kita sekarang yaitu generasi milenial, mereka mempunyai zamannya sendiri. Mereka ingin maju, mereka perlu diberikan bekal supaya tahu bagaimana sejarah republik ini berdiri. Untuk itulah kami ada, supaya mereka (generasi muda- red) tahu dari mana akarnya.

BACA JUGA : Kanit Reskrim Polsek Deli Tua Iptu I Ginting SH, MH Meninggal Dunia

Kepada Genersi Muda Milenial, Ketua LVRI Kota Batam juga menyampaikan pesan agar para pemuda dapat menghargai kemerdekaan, serta bisa mengisi kemerdekaan ini dengan semangat dan kerja keras. Bagi yang sudah bekerja, dan kepada pelajar tentu harus belajar dengan baik.

Selain itu, Putri Kaligis, menegaskan kepada generasi muda bangsa jangan lupa untuk belajar sejarah. Jangan hanya belajar theknologi melulu.

“Kami sebagai LVRI yang ada di Kota Batam, tidak ingin dihormati secara khusus dan sebagainya. Tetapi masyarakat perlu tahu bahwa di Kota Batam pun ada pejuang yang berjuang untuk mempertahankan negeri ini, bertempur dengan senjata, jadi bukan dengan angan-angan atau retorika-retorika melainkan dengan senjata, atau dengan kata lain hidup atau mati,” ucap Nyoya Putri Kaligis.

BACA JUGA : Kepala BP Batam Serahkan Bantuan Sembako di Kecamatan Batu Ampar

Putri Kaligis juga mengapresiasi Pemuda Panca Marga Provinsi Kepri dibawah Kepemimpinan Pantas Parulian Napitupulu yang akrap disapa Pantas Opana Napitupulu yang selalu semangat dan setia dalam setiap kegiatan LVRI di Kota Batam.

“Kami bersyukur kehadiran anak-anak kami di PPM Provinsi Kepri dibawah kepemimpinan Opan selalu tanggap dalam setiap kegiatan LVRI, dan selalu memperhatikan kami sebagai orang tuannya,  sebelumnya kami  selalu dapat intimidasi dan ancaman dari tubuh PPM itu sendiri,”  ujar Putri Kaligis.

Untuk itu, tambah Putri Kaligis,  PPM adalah merupakan  anak biologis LVRI, PPM yang memiliki rohnya adalah LVRI, untuk itu jika ada yang mengaku-ngaku PPM  diluar LVRI itu bukan PPM,” tutup  Ibunda Putri Kaligis berapi-api.

BACA JUGA : Reses DPR-RI Dapil Kepri, Ansar Ahmad Mengatakan, Lingga Masih Kekurangan Infrastruktur

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana  upacara Veteran Kota Batam, Veteran Perdamian ( ExPeacekeepers Polri) Polda Kepri AKP Chris Tamba menyampaiakan, bahwa ExPeacekeepers Polri Polda Kepri baru bergabung tahun ini dengan LVRI Kota Batam.

“Kami baru tahun ini bergabung. Kami dari peacekeeper (Pasukan Perdamaian) yang saat ini masih posisi aktif, baik dari TNI dan Polri-nya juga. Namun yang hadir saat ini kami dari pasukan perdamaian dari Polda Kepri dan  sudah terdaftar sebagai anggota LVRI Kota Batam. Untuk upacara hari Veteran tahun ini, kami  terdiri dari gabungan Veteran pejuang,  Veteran Pembela, dan peacekeeper (Pasukan Perdamaian) Polda Kepri,” ujar AKP Chris Tamba

Memaknai Hari Veteran tahun ini, AKP Chris Tamba menyampaikan bahwa ditengah wabah  pandemi Covid-19 yang sedang mewabah saat ini, maka kita dalam melakukan aktivitas harus selalu menjaga kesehatan dan  sesuai dengan Protokol Kesehatan.

“Oleh karena Pandemi Covid 19, hari Veteran Nasional ini kita  merayakan hari Veteran dengan sederhana saja dam hanya dirayakan oleh internal saja, dan kami tidak mengundang para pejabat maupun instansi yang ada di Provinsi Kepri,” ucapnya.

Sementara itu Ketua PD PPM Kepri, Pantas Opan Napitupulu yang ikut pada hari perayaan Veteran tersebut menyampaikan, bahwa keterlibatan PD PPM dalam perayaan hari Veteran tersebut, tidak terlepas dari fakta sejarah, bahwa Pemuda Panca Marga adalah anak biologis dari Veteran itu sendiri.

“Yang pertama kami adalah anak dari Veteran, dan Pemuda Panca Marga itu sendiri berada dibawah naungan LVRI. Kami PPM Kepri dan PPM yang ada di Kota Batam ini merasa bangga. Dimana momen sejarah kami bisa berkumpul bersama para orang tua kami yang juga adalah para pejuang, untuk memperingati hari Veteran nasional,” ucapnya.

Tambahnya, “Kami juga bangga bisa bergabung dengan para pejuang sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua LVRI Cabang Kota Batam, Nyonya Putri Kaligis. Yaitu dengan hadirnya Veteran baru, yaitu Veteran perdamaian dari Kepolisian Polda Kepri. Hal ini menambah semangat baru lagi, untuk meneruskan semangat, jiwa, dan menghormati nilai-nilai juang 45 tadi,” tutup Pantas Opan Napitupulu.

Liputan : Lukman simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here