Hari Jadi Kabupeten Kepulauan Anambas Ke-10, Ini Harapan Bupati Abdul Haris

0
435

Independennews.com, Anambas — DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangka memperingati hari jadi KKA yang ke-10 tanggal 24 juni 2018.

Pada kesempatan itu, Bupati Anambas Abdul Haris dal sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih kami kepada para undangan, Terutama kepada para tokoh penggagas dan pendukung lahirnya KKA yang berasal dari berbagai organisasi dan individu, baik didaerah maupun diluar daerah yang telah bersusah payah meluangkan waktu untuk hadir bersama kita guna bersama-sama mengikuti sidang paripurna istimewa hari jadi KKA.

“Semoga segala peran serta dukungan yang diberikan akan selalu diingat oleh masyarakat anambas dan kami berdoa semoga para pejuang mendapatkan balasan dari Allah SWT. Selain tamu undangan, pada hari ini juga kita mendapatkan kunjungan konsulat Jendral Republik Indonesia Johor Bahru beserta rombongan.”ujar Haris

Lanjut Haris, Kedatangan rombongan tersebut merupakan salah satu kesempatan bagi kabupaten KKA untuk mempromosikan keindahan alam, semoga upaya ini nantinya dapat membuahkan hasil berbentuk maksudnya investasi pariwisata, atas dukungan dan peran yang diberikan di ucapkan terima kasih.

“Memperingati hari jadi merupakan amanat peraturan daerah KKA nomor 4 tahun 2011 tentang Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2018. Hal ini dirasakan amat khidmat karena dilaksanakan masih dalam suasana bulan Syawal, oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini saya atas nama Pemerintah KKA dan Keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul 1439 H Mohon Maaf Lahir dan Bhatin, seraya berdoa semoga amalan dan ibadah Ramadhan yang telah kita laksanakan menjadikan kita sebagai orang yang bertaqwa.

Disamping itu juga ijinkan saya menyampaikan Selamat Hari Jadi KKA ke-10 Tahun dan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat KKA semoga kedepannya semakin maju dan berkembang serta madani.

Peringatan Hari Jadi KKA kali ini diberi tema “Dengan Semangat Hari Jadi Ke-10 KKA kita wujudkan Anambas daerah yang nyaman, Unggul dan Sejahtera”
Subtema hari KKA ke-10 adalah : Mewujudkan Kabupaten Kepulauan Anambas yang cerdas warganya, Sehat Jasmaninya, Kuat Agama dan Budaya nya.

Tema dan Subtema diatas hendaknya bukan sekedar retorika belaka dan slogan tanpa makna, tetapi tema ini menjadi ajakan dan tekad kita untuk dapat bertindak dan bereaksi nyata tanggap pada tantangan dan perkembangan.
Zaman dan menjadi motivasi dalam melaksanakan pembangunan yang berkeadilan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat dalam kemakmuran dan sejahtera lahir dan bathin, serta menjadi pendorong dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan mampu untuk memberikan sesuai dengan semboyan.

“Ketika Rakyat Bertanya, Mampu kita Jawab dan Ketika Rakyat meminta mampu kita beri”.
Ada suatu kata bijak dari Confucious menyatakan : ada yang ukur hidup dari orang dengan denyut jantung, gairah dan air mata, tetapi untuk sejati adalah apa yang telah kita lakukan untuk orang lain.

Kepulauan Anambas Harus bangkit dan segera melakukan akselerasi dengan memaksimalkan potensi dan keunggulan yang dimiliki.
Paradigma kebangkitan tersebut memerlukan suatu Desain ulang konsep, dan Strategi pendekatan proses untuk percepatan pembangunan, agar dapat melakukan lompatan dan terobosan dengan kecepatan yang tinggi demi mengejar ketertinggalan dari daerah lain.

Dalam proses percepatan pembangunan KKA mencoba menggerakan potensi daerah yang memiliki nilai tinggi sebagai mana terdapat pada misi keempat KKA yaitu “ Mengembangkan Perikanan dan Pariwisata Sebagai Basis sector Maritim serta Pertanian yang berorentasi pada Pemenuhan kebutuhan local dengan lingkungan hidup yang lestari;
Kedua, sector inilah jantungnya daerah kita, karena akan dapat memberikan kontribusi yang sangat berarti dan menjadikan nya sebagai sumber pendapatan daerah dan memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Sektor Perikanan jika kita liat dari data Tahun 2017 Produksi Perikanan budidaya KKA mencapai Sebesar 245,38 Ton dan sector perikanan Tangkap sebesar 29.494 Ton Pertahun.

Potensi wilayah pengelolaan perikanan (WPP) cukup luas dan masih memiliki cadangan potensi perikanan. Besaran cakupan tangkapan dan budidaya yang dilakukan tingkat pemanfaatan perikanan baru sebesar 8% (Delapan Persen).

Hal ini memiliki arti bahwa disektor perikanan masih memiliki gambaran terdapatnya ruang dan peluang untuk optimalisasi produk potensi perikanan.

Untuk percepatan pembangunan sector perikanan KKA memerlukan strategi pola investasi industry pengelolaan perikanan dengan menselaraskan moderniasi pola tangkap perikanan nelayan tradisionil.

Dapat dikemukakan disini penerapan pola tersebut dipandang akan dapat mengrekrut sumber daya nelayan tempatan. Selama ini kita ketahui pola industi perikanan tidak berpola mitra justru membentuk kesenjangan yang sangat berarti, hal ini dikarenakan sempitnya ruang gerak pemanfaatan potensi perikanan daerah dikarenakn factor Regulasi dan Kewenangan yang terbatas.
Potensi lainnya yang merupakan potensi andalan daerah adalah kekuatan kekayaan alam, pulai dan pantai KKA sebagai penggerak sector Pariwisata.

Banyak Potensi objek dan Destinasi Wisata yang dapat dikunjungi di KKA, salah satu yang dikenal yaitu Pulau Bawah yang pernah dinobatkan sebagai pulau tropis terbaik di asia.

Pengembangan destinasi dan objek pariwisata terus dikembangkan dengan perencaan kluster pulau jemaja, kluster pulau penjalin, kluster pulau Temburuk, dan tentunya kluster pulau bawah.
Kluster tersebut dikembangkan disesuaikan dengan keadaan geografisnya seperti area Diving, Snorkling, wisata pantai dan lain sebagainya.

Memperhatikan berbagai peluang dan tantangan serta kondisi internal maupun eksternal yang ada, tentu menuntut system pengelolaan pemerintahan dan pembangunan yang responsive,inovatif dan berkelanjutan dalam upaya memaksimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah.

Kita sadar sesungguhnya KKA sangat potensial bila dibandingkan dengan kabupaten lain karena memiliki keunggulan kompetitif maupun keunggulan komparatif. Keunggulan tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, letak geografis yang sangat strategis maupun modal social yang pengaruhnya sangat dominan bagi pembangunan daerah.

Demikianlah Garis-garis besar capaian/gambaran pembangunan yang telah kita laksanakan yang dapat kami sampaikan pada siding paripurna istimewa ini.

Kepada semua pihak sekali lagi kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi dan kritik yang ditujukan kepada kami piahk eksekutif dalam mengemban amanat, tugas pemerintahan dan pembangunan selama ini.

Atas nama pimpinan daerah, sekali lagi kami sampaikan ucapan selamat Hari jadi KKA yang ke-10 Tahun 2018. Semoga allah SWT, senantiasa melimapahkan kekuatan, bimbingan dan petunjuk, guna melanjutkan misi pembangunan bagi kesejahteraan rakyat, sebagai mana Motto Lambang daerah “ Kayuh Serentak Langkah Sepijak”
Sebelum mengakhiri sambutan ini perkenankanlah saya menyapaikan pantun :
“ Sirih merambat tumbuh melata
Tumbuh dibatu tumpak tiga
Selamat hari jadi anambas tercinta
Pemimpin Baru membawa Sejahtera”
(Firmandani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.