Aliansi Nelayan Gelar Aksi Damai di Depan Kantor DPRD Sumut

0
464

IndependenNews.com , Medan — Ribuan warga yang tergabung dalam Aliansi Nelayan dari berbagai daerah Provinsi Sumut seperti Belawan, Deli Serdang, Asahan, Tanjung Balai, Langkat, dan Batu Bara menggelar aksi damai di halaman kantor DPRD Sumut jalan Imam Bonjol Medan, Senin (05/02/2018).

Para nelayan dalam orasinya mengatakan Permen (Peraturan Menteri) nomor 1 tahun 2016 yang dilayangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti sangat jelas membuka dan memberi peluang kepada pengoperasian alat alat ikan yang merusak lingkungan.

“Alat tangkap ikan yang dapat merusak lingkungan bisa diatasi dengan cara melakukan dan mensosialisasikan dampak dari kerusakan drol ataupun sejenisnya itu, seharusnya pemerintah melakukan pendataan terhadap siapa saja yang merusak di perairan Sumatera Utara, dan proses peralihan atau pergantian alat tangkap ikan itu dapat segera dilakukan,” katanya.

“Akan tetapi kita melihat bahwa tidak ada itikad dengan sungguh sungguh dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan persoalan pendataan dan lain sebagainya, sehingga kita masih diancam, nelayan kita ditabrak, dan jaring ditarik oleh pukat harimau itu, kami berharap seluruh pukat harimau yang beroperasi di perairan daerah Sumatera Utara itu tidak boleh lagi ada,” ujar seorang orator.

Oleh karena itu dalam aksi ini orator memohon untuk tetap aman, menjaga keamanan, dan menahan emosi agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

(Andi Sulaiman T)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here