Bupati Meranti Salurkan Beras Cadangan Pemerintah Tahun 2020

0
72

Meranti – Dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Meranti, terutama di tengah kondisi pandemi covid-19, pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial dan Karang Taruna Kepulauan Meranti mengadakan penyaluran Beras Cadangan Pemerintah (BCP), pada Senin (28/9/2020).

Kegiatan yang berlangsung di halaman gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kepulauan Meranti ini juga besempena memperingati hari jadi Karang Taruna ke-60 tahun.

Turut hadir pada acara tersebut Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si, perwakilan Kapolres, Danramil, Danposal, Kementerian Agama, Kepala Dinas Sosial Kepulauan Meranti, Agus Yanto, Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Meranti, Eldy Syahputra, S.Pi, Msi, para pejabat eselon II dan III, serta para petugas kebersihan dan buruh se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Ketua Karang Taruna Kepulauan Meranti, Rayan Pribadi, S.H mengatakan bahwa Karang Taruna terus bergerak untuk melangsungkan penyempurnaan organisasi mulai dari tingkat kecamatan, desa, hingga ke tingkat RW dan RT.

“Tentu masih belum maksimal, mengingat jarak dan komunikasi, serta pemahaman sumber daya manusia yang belum cukup untuk membentuk karang taruna di level yang paling kecil,” ujar Rayan.

Rayan juga menjelaskan bahwa Karang Taruna akan terus melaksanakan kegiatan sosial. Ini dikarenakan Karang Taruna bukanlah organisasi kepemudaan, bukan pula organisasi kemasyarakatan, OKP, ataupun Ormas, namun Karang Taruna adalah organisasi sosial yang membantu dinas sosial dalam rangka mewujudkan pilar-pilar sosial.

“Mengingat karena ada kegiatan sosial yang kami ikut berpartisipasi mendukung program pemerintah, maka sesuai arahan bupati, kegiatan hari puncak sekaligus penyaluran bantuan beras bagi masyarakat yang berdampak atau yang memenuhi syarat untuk mendapatkan Beras Cadangan Pemerintah (BCP) dilaksanakan pada hari ini,” jelas Rayan.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat melalui kementerian sosial, maupun oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mempertahankan ketahanan pangan bagi rumah tangga yang tidak mampu, terlebih lagi pandemi covid-19 yang semakin masif terjadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Meranti, Agus Yanto.

Agus menyampaikan bahwa hal tersebut bisa dilihat dengan ketersediaan beras cadangan pemerintah yang dialokasikan untuk tiap-tiap kabupaten dan kota se-Indonesia, termasuk untuk Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Beras cadangan pemerintah digunakan untuk membantu keperluan masyarakat menyangkut keperluan akan beras. Ini sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan, gejolak harga, maupun dalam mengahadapi bencana non alam seperti covid-19 ini,” pungkas Agus Yanto.

Lebih lanjut dijelaskan Agus, bahwa pembagian beras ini diperuntukkan kepada tenaga kebersihan, dan jumlahnya sebanyak 470 karung, dan per karungnya dengan berat 10 kilo. Tak hanya itu, 200 karung beras juga akan dibagikan untuk buruh di pelabuhan camat. Dan untuk buruh di pelabuhan lainnya masih dalam proses inventarisir dan nantinya akan dibagikan.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si mengucapkan selamat hari jadi Karang Taruna ke-60. Bupati juga menjelaskan bahwa covid-19 mengakibatkan lemahnya perekonomian. Namun dalam hal ini pemerintah segera mengambil langkah cepat agar tidak terjadi kerawanan pangan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Pada hari ini Alhamdulillah pemerintah masih mempunyai kemampuan untuk menyangga kebutuhan masyarakat dengan membantu kebutuhan pokok berupa beras 10 kilo per keluarga. Sasarannya adalah para petugas kebersihan dan buruh di Kabupaten Kepulauan Meranti. Tidak hanya petugas kebersihan dan buruh di Selatpanjang saja, namun diberikan kepada seluruh petugas yang bekerja di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti,” jelas Bupati Irwan.

Irwan juga berharap nantinya ada kerjasama antara pihak Karang Taruna tingkat kecamatan dengan pihak pemerintah kecamatan setempat untuk melakukan kegiatan yang sama menyalurkan bantuan kepada petugas kebersihan dan buruh yang ada di seluruh kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Acara ini ditandai dengan pembagian beras secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kepulauan Meranti, Agus Yanto, dan Ketua Karang Taruna Kepulauan Meranti, Rayan Pribadi, S.H, kepada para perwakilan petugas kebersihan dan buruh se-Kabupaten Kepulauan Meranti, dan dilanjutkan dengan foto bersama. (M. Owen Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here