BP Batam dan Pelindo II Pastikan Peningkatan Pelabuhan Batuampar Mulai Maret 2020

0
106

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Badan Penguhaan (BP) Batam bersama. PT. Pelindo II menggelar konferensi Pers terkait kerjasama kerjasama pengoperasian dan pengembangan dan Peningkatan Pelabuhan Batuampar, Rabu (12/2/20) betempat di Gedung Marketing centre BP Batam, Pukul 13.00 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Direktur Utama PT. Pelindo II Elvyn G. Masassya, Direktur Operasi PT Pelindo II Prasetyadi, Ketua BP Batam yang diwakilkan Wakil Kepal BP Batam Purwiyanto, Anggota Bidang Pengusahaan, Sjahril Japarin, Direktur Badan Usaha Pelabuhan Nelson dan Kabag Humas Yudi Haripudaja.

Mengawali kegiatan itu, Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto mengatakan, bahwa pengembangan Pelabuhan Batuampar Batam merupakan bKomitmen yang telah disepakati bersama BP Batam dan Pelindo II.

“Pelabuhan Batuampar Batam akan dikembangkan sebagai pusat logistik atau destinasi, Kerjasama pengembangan pelabuhan Batuampar adalah inisiasi antara BP Batam dan Pelindo II atas arahan pemerintah,” ungkap Purwiyanto.

Dia juga mengatakan bahwa Pengembangan pelabuhan Batuampar didasari karena kapasitas serta infrastruktur pelabuhan Batuampar belum maskimal, namun dengan adanya kerjasama kita dengan Pelindo II , kapasitas pelabuhan diharapkan bisa menjadi pusat logistik menyaingi Singapura yang saat sudah mencapai kapasitas 40 juta Teus per tahunnya.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT. Pelindo II Elvyn G. Masassya mengatakan, kerjasama BP Batam dan Pelindo II untuk mewujudkan Pelabuhan Batuampar sebagai pusat logistik berdasarkan arahan pemerintah pusat.

“Kami akan melakukan revitalisasi pelabuhan Batuampar, dan meningkatkan kapasitas pengelolaan pelabuhan berbasis logistik,” ujar Elvyn kepada wartawan.

Pngembangan kapasitas Pelabuhan Batuampar, Kata Elvyn, Pelindo II yang akan menyiapkan dana sebagai investor, dan bekerjasama dengan vendor seperti Wika, Pelindo I dan Persero Batam.

“Pelindo II hanya sebatas pengembangan dan mengoptimalkan pelabuhan Batuampar sebagai pelabuhan Petikemas seperti Petikemas Tanjung Priok Jakarta yang kami kelola saat ini.

“Kami akan memulai pengerjaan di bagian Utara dengan memperdalam Kolam pelabuhan atau tempat sandar kapal yang sebelumnya kedalam laut tidak merata dari 4-10 Meter dan akan dilakukan pendalaman kolam pelabuhan hingga 12 Meter agar bisa disinggahi kapal-kapal besar seperti berstandard kapal panamax.”ujar Elvyn

Selain itu, kita juga akan memperbesar kontener yard dan menyediakan alat bongkar muat digital sehingga nantinya waktu bongkar muat bisa lebih cepat yang dapat memberikan kelancaran aktivitas pelaku usaha.

“Pengerjaan pelabuhan batu ampar akan kita mulai di dermaga Utara, yang saat ini belum di manfaatkan secara maksimal, dan tidak akan mengganggu aktivitas dermaga selatan. Pelindo II akan berkerja sama dengan operator dermaga selatan,” ujarnya

Dia juga mengungkap bahwa PT Pelindo II akan memulai pengerjaan pelabuhan Batuampar pada bulan maret hingga Setermber 2020 sudah ada nampak hasil.

“Kapasitas pelabuhan untuk saat ini masih jauh dari harapan sebagaimana letak pelabuhan Batuampar yang sangat strategis berhadapan dengan Singapore. Seperti kita ketahui dari data BP Batam bahwa Kapasitas pelabuhan batu ampar masih 350 ribu Tius untuk tahun 2019. Nah dengan adanya pengembangan Dermaga Utara maka diharapkan akan dapat meningkatkan kapasitas Petikemas hingga 400-600 Tius Pertahunnya. Ini adalah langkah awal dan akan terus diupayakan peningkatan pelabuhan, sementara fase awal pada tahun ini cukup sampai disitu, namun akan terus berkembang hingga 5 tahun kedepan atau Proyek Multi Years. Dan pada fase II akan masuk dalam tahap pelebaran dermaga dan peningkatan infrastruktur structure pelabuhan dan fase berikutnya pengembangan hingga mencapai kapasitas 4 Juta Teus.”terang Elvyn

Sementara nilai investasi pengembangan Pelabuhan Batuampar Batam menjadi pelabuhan bertaraf internasional mencapai Rp 400 miliar hingga Rp1,5 triliun.

“Nilai investasi sebesar Rp 400 juta -1,5 Triliun,” ucapnya

Hal senada disampaikan Direktur Operasi Pelindo II Prasetyadi mengatakan, pengembagan Pelabuhan Batuampar Batam akan dimulai pada Maret 2020.

Saat ini, kata Prasetyadi, daya tampung Pelabuhan Batuampar masih jauh dari harapan yakni 350 ribu Teus. Tetapi ada peningkatan dari tahun sebelumnya.

“PT Pelindo II akan menambah kapasitas pelabuhan Batuampar untuk fase awal tahun akan bisa menampung hingga 600 ribu teus.” Tutupnya (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.