Apri Sujadi : Jong Perahu mini Jadi Ivent Tahunan

0
650

Bintan- Tradisi lomba Jong perahu layar mini merupakan tradisi turun temurun masyarakat melayu Bintan. Perahu layar mini ini terbuat dari bahan kayu yang dipasangi layar,  kemudian diperlombakan dengan  mengikuti arah angin. Hal ini sebagai  bentuk mancintai warisan budaya leluhur oleh masyarakat bintan.

Dalam perlombaan jong  Perahu mini tersebut  ada beberapa aturan yang harus diikuti yakni  perahu mini harus  melalui lintasan garis pinish,  jong  dinyatakan kalah apabila tidak melalui  garis, jong dinyatakan menang bila jong  melalui garis finish dan  tercepat melalui  garis pinish.

Demikian diungkapkan Bupati Bintan, Apri Sujadi, Ssos kepada awak media ini diselasela perlombaan berlangsung, Sabtu (4/2/17)

“ Ini merupakan tradisi leluhur kita yang harus kita lestarikan dan akan kita wariskan kepada generasi muda. “Katanya

Ia sangat mengapresiasi  panitia lomba,  dan kepada seluruh lapisan masyarakat tembeling tanjung camat dan lurah  berhasil melaksanakan ivent warisan  budaya leluhur yang menjadi kebanggaan bersama serta ciri khas   bintan.

“Lomba Jong ini merupakan kengiatan  olah raga budaya dan merupakan kelestarian di bidang olah raga.  Juga sebangai  ciri khas masyarakat di kabupaten bintan yang merupakan warisan budaya lehur ,   wajib kita pelihara bersama pemerintah daerah agar  mengagendakan anggaran APBD sebangai ivent yang rutin,  sehingga harapan pemerintah menyelenggarakan perlombaan  jong bupati cup.”Ujar Apri

Kegiatan ini, tentu mendukung sektor pariwisata yang merupakan primadona dan sumber pendapatan hasil daerah terbesar di bintan adalah  sektor pariwisata,  hampir 60% dana yang di dapat dari PAD pendapatan hasil daerah yang di gunakan untuk pembangunan, pendidikan dan kesehatan bersumber dari sektor pariwisata.

“Perkembangan pariwisata  di kabupaten bintan sangatlah signifikan karena hampir 300 ribu  orang pengunjung datang ke kabupaten bintan pada tahun 2016 yang lalu, wisatawan dari luar negeri belum di tambah wisatawan dari dalam negeri artinya jumlah pengujung  ke kabupaten bintan  melebihi  dari penduduk di kabupaten bintan  yang hanya 150 ribu  jiwa.  Wisatawan manca Negara  yang berkunjung ke kabupaten bintan telah melebihi jumlah penduduk di bintan.  Oleh karena itu  mari kita manjaga warisan budaya leluhur terutama kepada generasi muda,  kita bersyukur dengan kunjungan wisman ke bintan berdampak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“ Yang menjadi hal  proritas pemerintah kabupaten bintan tahun 2017 ini peningkatan sumber manusia yang berkaualitas berakhlak mulia dan bertanggung jawab  pemerintah kabupaten bintan menganggarkan  rumah taktis rencana  dan target 5 tahun kedepan  seluruh kecematan  nantinya memiliki rumah taktis.  Untuk sementara  baru  2 kecamatan yaitu bintan timur dan gunung kijang yang sudah memiliki.

Pada kesempatan itu, Bupati bintan H Apri sujadi S sos  berjanji akan menberikan bantuan subsidi  kepada  anak anak yang masuk  sekolah dari tingkat SD dan SMP .  orang tua  tak perlu  berpikir biaya membayar uang buku, uang masuk, uang baju, tas sekolah baik dari sepatu semuanya di bantu oleh pemda.

Sementara itu,  jumlah anak didik pada tingkat SD dan SMP yang masuk sekolah di kabupaten bintan pada tahun 2017 ini sebanyak 7000 0rang, tanpa terkecuali semua di bantu pemerintah daerah, yang penting anak anak bisa  bersekolah dengan  tenang menjadi harapan perintah  merupakan proritas  di bidang pendidikan .Bus sekolah juga menjadi program memperbaiki agar memberikan pelayanan yang terbaik bagi anak anak didik di kabupaten bintan.

“ Kibijakan  di bidang kesehatan  pemerintah kabupaten bintan 2017  ini untuk pelayanan berobat,   cukup dengan menujukkan KTP Bintan dapat pelayanan gratis di tingkat puskesmas alias tidak bayar,tak usah bingung bingung lagi cukup Menunjukkan KTP Bintan saja ,yang belum mengikuti  BPJS,ketika  sakitnya  perlu di rujuk untuk pelayanan di tingkat kelas 3, rujukan  di tanggung oleh pemda bintan  APBD kabupaten bintan yang menjadi perhatian khusus,dan  bisa bermanfaat untuk masyarakat dan betul betul di rasakan oleh  masyarakat bintan.imbuhnya.

Camat teluk bintan Asun Aini S sos menyampaikan  bahwa  ini yang pertama kali diselenggarakan  pestifal   lomba jong race di keter  tengah kampung  mansur  tembeling tanjung.

“  Suatu kebanggaan bagi kita, dengan kehadiran  pak bupati H Apri Sujadi Ssos  secara khusus  untuk menyaksikan festval Jong  di  keter tegah kampung  mansur ini,”Ujarnya

Dia berharap dengan kehadirin bupati  bintan pada perlombaan  jong Race kali ini, bisa  menjadi agenda rutin tahunan serta  ajang lomba atau angenda tetap di masa mendatang.

“ selama ini,  tentunya  masyarakat sangat merindukan  festival lomba jong race ini,  sebab pada dasarnya, selain mencari juara  ajang jong race juga  meningkatkan tali persaudaraan bagi sesama warga, “Ungkap Asun (crt)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.