Wali Kota Blitar Hadiri Penyerahan LHE SAKIP dan RB Award Tahun 2021

0
121

IndependenNews.com, Blitar | Wali Kota Blitar, Santoso mengikuti pelaksanakan penyerahan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2021 oleh Kementerian PAN dan RB secara luring melalui aplikasi Zoom yang dikemas dalam acara Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Award 2021.

Wali Kota Blitar didampingi Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono dan seluruh Tim SAKIP-RB Kota Blitar serta kepala OPD yang dilaksanakan di Intergrated System Center (ISC) Diskominfotik Kota Blitar, Selasa(5/4/2022).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang diwakili Sekretaris Kementrian Rini Widiyanti mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada kabupaten/kota yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi.

Atas upaya tersebut, terdapat kenaikan predikat pada 21 Instansi Pemerintah dengan rincian 16 Pemerintah kabupaten dan Kota, dan satu pemerintah provinsi naik yang berpredikat B, satu pemerintah Kabupaten dan pemprov naik ke predikat BB, serta satu pemerintah Kabupaten dan satu pemerintah provinsi naik ke predikat A.

Men PAN RB melalui Sekretarisnya berharap agar seluruh lembaga Pemerintahan tetap berupaya mengoptimalkan penerapan SAKIP dengan lebih baik.

Wali Kota Blitar Santoso usai kegiatan LHE SAKIP memaparkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh lembaga Pemkab, Pemkot dan Pemprov seluruh Indonesia untuk mengikuti hasil pelaksanaan SAKIP RB.

“Alhamdulilah Kota Blitar untuk SAKIP mendapat nilai BB, dan RB mendapat predikat B,” jelasnya.

Santoso mengatakan, tinggal satu langkah untuk naik ke predikat A, karena itu butuh persiapan yang lebih matang dan mengoptimalkan kinerja yang lebih baik sekaligus sebagai komitmen Pemkot, menurut Santoso, akan berusaha meningkatkan score penilaian yang dilakukan oleh MenPAN RB.

“Memang saat ini Kota Blitar bisa mempertahankan predikat BB untuk SAKIP dan RB mendapat predikat B, semoga tahun yang akan datang Kota Blitar bisa memperoleh predikat A,” harapannya. (Adv/Kmf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here