Serangan Koalisi Pimpinan Amerika Menewaskan Tiga Senior Militer ISIS

0
373
foto : Pasukan ISIS ( berita ara)

Suriah-Serangan udara koalisi telah menewaskan pejabat militer senior dan perencana senior ISIS dalam perang di Suriah dan Irak. Koalisi pimpinan AS mengumumkan, Jumat (26/5/17)
“Tewasnya tiga pejuang asing senior ISIS telah menurunkan secara signifikan kemampuan perencanaan dan operasional ISIS.” Ujar sumber dikutip dari berita ara.

Mustafa Gunes, seorang fasilitator operasi eksternal ISIS berbasis di Suriah dari Turki, dibunuh oleh sebuah serangan udara koalisi di dekat Mayadin, Suriah, Sabtu, 27 April.

“Dia diidentifikasi sebagai perekrut ISIS di kota Konya, Turki tengah. Gunes dikaitkan dengan memfasilitasi dukungan finansial untuk merencanakan serangan di luar Suriah dan Irak melawan Barat, “kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Jumat.

Abu Asim al-Jazaeri, perencana operasi eksternal ISIS dan pesawat tempur ISIS asal Perancis-Aljazair, tewas akibat serangan udara Koalisi di dekat Mayadin, Suriah, 11 Mei.

“Al-Jazaeri terlibat dalam pelatihan generasi baru pemuda ISIS, yang disebut Anak-anak Khilafah, sebuah program pelatihan dengan prioritas tinggi yang disetujui oleh pimpinan ISIS,” kata koalisi pimpinan AS tersebut.

Selain itu, Abu-Khattab al-Rawi, seorang pejabat militer senior ISIS, tewas dalam sebuah operasi di dekat Al-Qaim di Irak, 18 Mei.

“Al-Rawi terbunuh bersama tiga teroris lainnya. Al-Rawi adalah seorang pejabat militer ISIS yang beroperasi di Propinsi Al Anbar Irak dan memberikan dukungan langsung kepada pimpinan ISIS. Al-Rawi bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan operasi dan pengadaan UAV di Provinsi Al Anbar di Irak, “kata koalisi tersebut.

Menurut koalisi pimpinan AS, kematian orang-orang ini menghilangkan pejuang asing senior, yang memiliki pengalaman dan pelatihan yang luas, dan menurunkan kemampuan ISIS untuk merencanakan dan melakukan serangan terhadap sasaran sipil di Irak dan Suriah, atau di seluruh wilayah dan di Barat.

“Koalisi akan terus menurunkan, mengganggu, dan membongkar struktur ISIS, serta memberikan tekanan pada para pemimpin senior dan rekan di berbagai jaringan di seluruh Irak dan Suriah,” katanya.

Pada tanggal 10 September 2014, A.S. mengumumkan pembentukan koalisi internasional yang luas untuk mengalahkan ISIS. (red/berita ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.