Riono : Usulan Status Kelurahan Jadi Desa Wajib Dapat Izin Mendagri

0
407

IndependenNews.com, Lingga — Peraturan terkait pemekaran Desa saat ini lebih di perketat, serta harus mendapat izin dari Kementerian dalam Negeri (Mendagri).

Demikian disampaikan Ketua DPRD Lingga, Riono kepada independenNews.com, Selasa (13/2/18)

“memang sudah banyak masyarakat yang mengajukan perubahan status Kelurahan dari status semula sebagai perangkat Kecamatan, diubah menjadi perangkat desa. Besarnya dana desa yang di kucurkan dari pusat membuat menggeliatnya daerah untuk memekarkan desanya.” ujar Riono

Memang Kata Riono, tujuannya tidak lain hanya mempercepat pertumbuhan pembangunan dan membuka akses. Alokasi dana desa itu bisa mencapai miliaran rupiah per desa per tahun. namun pemekaran desa ke depannya harus mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri.

“Syarat untuk pemekaran kedepannya juga agak di perketat, hal ini berkaitan dengan beban yang nanti bila dimekarkan maka negara akan mengucurkan dana yang akan di bebankan pada APBN,”ucap politisi partai besutan surya paloh ini.

Lebih jauh Riono mengatakan, apabila di setiap kabupaten memekarkan desanya satu desa saja, maka akan ada pemekaran ratusan desa maka dana desa pertahun membebani APBN. Oleh karena syarat pemekaran suatu daerah desa saat ini diperketat.

Kalau dulu, pemekaran suatu desa itu sangat mudah, tinggal mengajukan kekecamatan dan kabupaten hingga banyak daerah memekarkan desanya bahkan kelurahan juga memekarkan daerahnya ataupun kelurahan minta di jadikan desa. Namun demikian perubahan status kelurahan menjadi desa harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, sesuai dengan ketentuan Kemendagri.”terang riono ( Juhari )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here