Penyaluran BST di Kota Batam Salah Sasaran, Pemko Batam Harus Beri Penjelasan

0
186

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Penyaluran Bansos Tunai senilai Rp.600.000/KK di Kota Batam dinilai kurang tepat sasaran. Seperti misalnya keluarga yang dianggap mampu, bahkan tergolong kaya justru terdaftar sebagai penerima Bansos Tunai di Kota Batam.

Selain itu, ada beberapa laporan dari masyarakat yang menginformasikan bahwa adanya ditemukan penerima Bansos Tunai di Kota Batam yang merupakan pasangan suami istri (alias double).

Dengan adanya dugaan kejanggalan atau dugaan kurang tepatnya sasaran penyaluran Bansos Tunai di Kota Batam, seharusnya Pemerintah Kota Batam, atau melalui Dinas terkait segera mengambil langkah-langkah penelusuran terkait kebenaran informasi yang beredar.

Dalam hal ini juga masyarakat Kota Batam sangat mengharapkan penjelasan yang konkret dari Pemerintah Kota Batam atau melalui Dinas terkait, untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat (publik) akan apa yang sebenarnya terjadi dengan system pendataan yang sudah dilakukan.

Namun sangat disayangkan, hal itu sepertinya tidak dilakukan. Dimana justru sebaliknya Pemerintah Kota Batam seperti enggan memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait dugaan Bansos Tunai yang banyak dianggap kurang tepat sasaran.

Bahkan Pemerintah Kota Batam atau Dinas Terkait terkesan tutup mata dengan semua carut-marut yang terjadi terkait penyaluran Bansos Tunai yang sedang disalurkan di Kota Batam saat ini.

Terkait hal ini Ketua DPRD Kota Batam Nuriyanto, Rabu (16/05/2020) sempat menuding bahwa biang masalah dari kurang tepatnya sasaran Bansos Tunai di Kota Batam itu justru bersumber dari tim pendataan itu sendiri.

“Biang masalah sehingga tidak tepat sasaran bantuan sosial, petugas pendataan itu sendiri,” tulis Nuriyanto melalui pesan WhatsAppnya menanggapi pertanyaan yang diajukan wartawan.

Selain itu wartawan media ini juga mencoba meminta tanggapan dari Walikota Batam, HM.Rudi, Rabu (20/05/2020), terkait adanya beberapa temuan dan dugaan kurang tepatnya sasaran penerima Bansos Tunai di Kota Batam.

Namun Walikota Batam HM.Rudi yang dimintai tanggapan, baik melalui pesan WhatsApp mau pun panggilan belum dapat terhubung sampai berita ini dipublikasikan.(Ls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.