Fory Mewisuda Sejumlah Balita Di Desa Mohiyolo

0
86

INDEPENDENNEWS.COM, SULSEL — Setiap bayi di bawah lima tahun (balita) yang sudah lengkap imunisasi dasar bakal wisuda di Kabupaten Gorontalo. Oleh karena karena sudah memiliki imunisasi dasar lengkap sejumlah balita di desa mohiyolo kecamatan asparaga di wisuda, jumat (06/09/19).

Sejumlah balita ini diwisuda langsung ketua tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr.Fory Naway disela sela pelaksanaan road show nelson masuk desa.

Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway, mengatakan wisuda balita
Imunisasi Dasar Sudah Lengkap untuk memperkuat dukungan penanggulangan stunting dari pemerintah daerah mengembangkan kebijakan operasional di tingkat kabupaten hingga desa.

Program ini adalah Gerakan Masyarakat Penurunan Stunting (Gema Penting) dan pedoman standar pelayanan sosial dasar bidang kesehatan, gizi dan sanitasi untuk penanggulangan stunting di desa,” jelasnya.

Ia menjelaskan hal itu difokuskan pada ibu hamil, ibu melahirkan dan bayi dibawah dua tahun. Selanjunya pedoman itu didukung oleh suatu panduan untuk melakukan integrasi standar pelayanan sosial dasar tersebut ke dalam proses perencanaan dan penganggaran desa.

“Program ini adalah pemberdayaan masyarakat dalam rangka penurunan balita stunting yang dilakukan melalui pencegahan dan penanganan pada 1.000 hari pertama kehidupan sampai balita berumur dua tahun,” ungkap Fory.

Gerakan masyarakat penurunan stunting ini dilakukan di pos gizi dalam rangka meningkatkan pengetahuan ibu tentang gizi. Pos gizi adalah kegiatan sekolah singkat selama 12 hari bagi ibu balita dan ibu hamil dalam rangka membagikan pengetahuan kepada ibu balita dan ibu hamil yang dipandu oleh kader gizi, tim penggerak PKK desa, bidan desa dan petugas gizi Puskesmas.

Fory menegaskan wisuda balita untuk membentuk Generasi Emas.”Lahirnya para generasi sehat dan generasi cerdas itu di mulai saat bayi dan balita saat ini,” Tandasnya.

Seperti diketahui, Imunisasi dasar lengkap rupanya menjadi syarat masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Gorontalo, Oleh karena itu para orangtua pun berlomba-lomba memerhatikan imunisasi buah hati mereka.

Imunisasi Dasar Lengkap meliputi imunisasi hepatitis B, basilus calmette Guerin atau BCG (cegah TBC), polio, campak, dan DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) bahkan Imunisasi sebagai syarat masuk PAUD.(+)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.