RSBP Menuju Akreditasi Internasional, Afdhalun: Step by step

0
260

Independennews.com, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mempersiapkan akreditasi Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam menjadi berskala Internasional.

Hal itu disampaikan oleh Direktur RSBP Batam, Dr. Afdhalun Hakim dalam acara pencanangan RSBP menjadi Green Hospital di Lobi Utama, Gedung B RSBP Batam, Jum’at (07/05/21).

“Kami sedang menyiapkan akreditasi yang berskala internasional di tahun depan (SNARS 1.1), karna kita ingin bersaing dengan negara tetangga,” ungkapnya.

Afdhalun mengatakan, upaya tersebut merupakan komitmen BP Batam dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Selain menambah fasilitas kesehatan seperti alat mammography, alat-alat jantung, alat-alat bedah, itu sebagai komitmen dari BP Batam untuk RSBP meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Untuk itu dikatakan Afdhalun, BP Batam berkomitmen untuk menambah fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) untuk menunjang kelengkapan pelayanan.

“Menambah jumlah dokter dan spesialis untuk melengkapi layanan kita. Kita tingkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelayanan. Itu semua komitmen untuk menuju kesana (akreditasi Internasional/red),” jelasnya.

Selain itu dikatakan Afdhalun, RSBP juga harus memenuhi beberapa persyaratan Green Hospital yang menjadi indikator akreditasi Internasional.

“Untuk itu kita harus mendukung persyaratan program hemat energi, semua lampu akan diganti menjadi LED, hemat air, tidak menggunakan freon, menyiapkan sarana terbuka hijau, tempat penampungan limbah dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Afdhalun juga mengatakan bahwa mewujudkan Green Hospital adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan dan harus mengambil langkah demi langkah

“Go green terwujud 2 atau 3 tahun mendatang. Memang butuh waktu dan proses yang tidak gampang dan kami memulai langkah pertama pada hari ini. Tapi step by step, kita baru memulai langkah supaya kita bersemangat untuk menuju kesana,” ungkapnya.(SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here