Puluhan Hektar Lahan Milik Koperasi TM Rusak Berat Akibat Tambang Emas Ilegal

0
549

INDEPENDENNEWS.COM, TEBO — Puluhan hektar lahan Koperasi Tunas Muda yang berada di avdeling 7 di areal izin usaha perkebunan (IUP) PT.Persada Harapan Kahurifan (PHK), di Desa Tuo Ilir Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, mengalami rusak berat akibat adanya kegiatan tambang emas ilegal di Aeral Perkebunan Koperasi Tunas Muda.

Lahan tersebut sebelumnya adalah lahan milik masyarakat petani yang kemudian diserahkan kepada koperasi untuk ditanami kelapa sawit pada tahun 2006/2007, selanjutnya dikelolah menjadi kebun kelapa sawit dengan melibatkan perusahaan sebagai mitra untuk pelaksana pembangunannya.

Namun sayang setelah menjadi kebun sawit pada tahun 2017, kebun tersebut di jadikan areal kegiatan pertambangan emas ilegal (PEI) oleh sekelompok masyarakat sekitar dan masyarakat di luar desa.

Aktifitas penambangan emas liar itu berlansung berapa bulan hingga akhir tahun 2017 dan kegiatan terhenti karena ada kecelakaan yang menelan korban jiwa, kegiatan pertambangan tersebut menyisakaan kerusakan berat pada lahan kebun yang hingga saat ini menjadi bendungan air, hal itu menyebabkan lahan tak bisa digunakan untuk lahan kebun.

” Bagaikan pepatah mengatakan “Nasi sudah jadi bubur, takkan bisa kembali jadi beras” Lahan yang sudah menjadi bendungan air tak bisa lagi dikelola untuk lahan Kebun Kelapa Sawit,” beber salah Seorang Warga yang meminta namaya di Rahasiakan kepada Independennews.com, Kamis (14/11/19) di Areal bekas Tambang Emas Liar di Desa Tuo Ilir.

Dikatakan Sumber, bahwa aktivitas kegiatan penambang emas Ilegal ini masih berlangsung hingga saat ini, para penambang melakukan aktivitasnya pada malam hari untuk menghindari aparat penegak hukum.

“Sepengetahuan saya, aktitas tambang emas liar ini masih beroperasi, para penambang bekerja pada malam dengan menggunakan mesin dompeng, sebaliknya pada siang hari dilokasi tidak ada aktifitas penambangan, kemungkinan para penambang takut ketahuan atau tertangkap aparat.” jelasnya sembari menunjukkan tempat yang biasa dijadikan sebagai tempat mesin dompeng para penambang

Kondisi lahan kebun yang berubah menjadi kubangan air telah mempersempit lahan perkebunan, kondisi tersebut tentu saja sangat merugikan seluruh anggota Koperasi Tunas Muda, karena mengurangi lahan untuk ditanami produksi kelapa sawit.
“Anggota koperasi Tunas Muda kehilangan lahan puluhan hektar akibat pertambangan tersebut.”ucapnya

Puluhan Hektar Lahan Milik Koperasi TM Rusak Berat Akibat Tambang Emas Ilegal

Ditempat berbeda, alah Satu Anggota Koperasi Tunas Muda Zabarudin kepada Independennews.com mengatakan, bahwa pihaknya sangat menyayangkan lahan perkebunan mereka bisa berubah menjadi kubangan Air.

“Pertambagan Emas Ilegal ini seolah-olah terjadi tanpa ada pelarangan, padahal kegiatan Pertambangan Emas Ilegal itu melanggar UU, apa lagi lahan tersebut adalah lahan milik petani yang di serahkan kepada Koperasi untuk di kelola sebagai lahan kebun kelapa sawit.” Ujarnya

Dia juga menyayangkan sikap pengurus Koperasi yang terkesan tutup mata pada kegiatan ilegal itu, oleh karena itu, Kat pengurus koperasi harus bertanggung jawab atas kerusakan lahan tersebut, karena tidak mungkin pengurus tidak mengetahui aktibitas pertambangan emas ilegal itu, anehnya para pengurus koq diam saja.” katanya.(Rm)

Puluhan Hektar Lahan Milik Koperasi TM Rusak Berat Akibat Tambang Emas Ilegal😂😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here