PN Ranai Bersama Cabjari Anambas Gelar Sidang Perdana Kasus Pembunuhan Dengan Tersangka SH

0
336

ANAMBAS, INDEPENDENNEWS.COM — Pengadilan Negeri Ranai menggelar sidang online perdana kasus pembunuhan dengan terdakwa atas nama SH pada 19 Mei 2020, sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Nanang Dwi Kristanto SH, Mhum., di ikuti oleh Jaksa Penuntut Umum cabjari dari Tarempa, Anambas melalui Vicon.

Sidang online kasus pembunuhan ini merupakan sidang perdana dengan agenda pemeriksaan saksi. Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 4 orang saksi yang berkaitan dengan tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh terdakwa SH.

“Sidang online perdana terkait kasus pembunuhan telah digelar melalui Vicon di aula Kantor Cabjari Natuna di Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas,” ujar Allan Baskara Kacabjari Natuna untuk Anambas, Rabu (20/5/2029) kepada Media.

Dikatakan Allan, dalam persidangan itu para saksi menyampaikan keterangan terkait dengan kronologis dan fakta-fakta yang diketahui berkaitan dengan dugaan pembunuhan yang dilakukan SH.

“Sidang akan digelar kembali pada pekan depan Selasa 26 Mei 2020 dengan agenda pemeriksaan saksi oleh JPU,” terang Allan.

Menurut Allan, persidangan via online ini sangat efektif ditengah situasi pandemi covid 19, tidak ada perbedaan dengan sidang yang dilakukan melalui Via Online. Hanya saja dilakukan jarak jauh dengan mengggunakan tehnologi.

“Kita tak perlu memberangkatkan saksi ke Natuna seperti sidang-sidang sebelumnya. Pada sidang online ini para saksi cukup dihadirkan di Kantor Cabjari Anambas saja, tentunya sidang ini sangat efektif,” pungkas Allan.

Dia juga menjelaskan bahwa sidang melalui teleconference sudah menjadi kesepakatan yang tertuang dalam perjanjian kerjasama antara Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM untuk tetap menjalankan proses penegakan hukum di tengah penyebaran Covid-19 saat ini.

“Sidang online atau dengan istilah e-court/e-ltigasi dapat diaplikasikan dalam penyelesaian perkara yang ada di Anambas ditengah pandemi covid 19. Dan sidang online ini sudah sesuai dengna asas peradilan, cepat, sederhana dan biaya pun ringan.” Katanya (RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here