Pemkot Medan Belum Mampu Atasi Banjir

0
264

INDEPENDENNEWS.COM, MEDAN –Pemerintah kota Medan belum mampu mengatasi masalah Banjir, kota yang dijuluki kota Anak Medan ini kerap langganan banjir saat hujan turun dalam hitungan Jam. Seperti halnya yang terjadi pada Rabu (9/10/19), dalam hitungan jam hujan turun mengguyur wilayah Kota Medan, sejumlah titik banjir dengan ketinggian setinggi pinggang orang dewasa.

Salah satu titik banjir yang paling parah yakni di daerah Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan, Deras nya air hujan sehingga longkang atau draenase tak mampu menampung debit Air, sehinga meluap kepermukaan jalan dan rumah rumah warga.

Pantauan independennews.com, air yang meluap menggenangi pemukiman warga dan jalan raya ikut terendam, hingga mencapai ketinggian pinggang orang dewasa.

Tampak sejumlah pemuda berjalan mengitari jalan yang sedang terendam air. Akibat genangan air tersebut pengemudi kenderan roda 2 dan roda empat enggan melintasi jalan yang terendam banjir. Daerah yang paling rawan terkena banjir yakni wilayah jalan rawe 6 dan 7, Kelurahan Tangkahan kecamatan Medan Labuhan merupakan wilayah yang sering banjir.

Salah satu warga yang ditemui dilokasi banjir mengatakan, penyebab terjadinya banjir adalah debit air kiriman dari kawasan industri Medan dengan volume yang cukup besar melalui kanal yang berada didalam pemukiman warga.

” Akibat derasnya hujan walau satu jam saja, kanal yang berada tengah- tengah pemukiman warga tak mampu menampung debit air kiriman dari kawasan Industri Medan itu. Banjir ini juga disebabkan banyaknya sampah yang mengakibatkan penyumbatan aliran kanal. Sementara sumber sampah dihasilkan dari kawasan tersebut yang setiap paginya selalu ada pasar tradisional.” tuturnya

Banyak sampah yang menutupi kanal juga karena kurangnya kesadaran warga dan juga Pemerintah Kota Medan dalam pengolahan sampah, ditambah lagi dengan minimnya bak sampah sehingga warga suka suka buang sampah disembarang tempat.

Dia berharap pemkot Medan segera mencari solusi agar pada saat musim hujan pemukiman warga tidak banjir seperti sekarang ini.

“Kita minta pemda Kota Medan segera melakukan pembenahan.” ucapnya (Firman Ginting)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here