Kepala Basarnas Kunker Ke Natuna Pastikan Kelengkapan Prasarana dan Personil Basarnas Natuna

0
47

INDEPENDENNEWS.COM, NATUNA
Kepala Kantor Pusat Badan SAR Nasional (BASARNAS), Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Basarnas kelas B Natuna, pada Rabu (9/10/2019). Kedatangan orang nomor satu di Basarnas itu ke Natuna untuk melakukan pembenahan diberbagai sektor.

Penyambutan Kedatangan Kepala Basarnas bersama rombongan diterima oleh Sekda Natuna dan unsur FKPD serta Lembaga Masyarakat Adat kabupaten Natuna, disertai dengan Prosesi tepung tawar dalam bentuk rasa syukur dan selamatan.

Pada kesempatan itu kepada Media, Bagus Puruhito mengatakan, pentingnya pembenahanan berbagai Sektor di Basarnas, kunjungannya ke daerah untuk memberi motivasi serta melihat situasi dan untuk mengevaluasi kegiatan yang ada di daerah.

Sebelumnya sarana ini, merupakan Pos Basarnas, namun pada tahun 2018 lalu, kontor Basarnas Natuna kemudian
dinaikkan statusnya menjadi Kantor Basarnas kelas B. Oleh sebab itu, perlu penambahan Personil, Alut Peralatan dan Pembangunan Infrastruktur, serta Pengembangan Pos Area di Natuna dan Anambas.

Menurutnya, ada skala prioritas, namun tergantung Anggaran yang kita punya. Natuna merupakan Pulau terluar Indonesia, berbatasan langsung dengan Negara , Vietnam, Kamboja, Malasya dan Brunei, yang membutuhkan Program jangka panjang yang menjadi atensi Pusat.

“Untuk itu, kita sudah rencanakan penambahan Alut tahun ini. Sedang di atur berapa di butuhkan serta kemana disalurkan. Kami berharap semoga cepat terealisasi, karena ini kepentingan orang banyak, khusus nya kemanusiaan dalam menanggapi berbagai bencana alam.” ujar Bagus

Lanjutnya, pembenahan ditubuh Basarnas sangat penting, baik itu penambahan Personil, Alut dan Infrastruktur.

“Saat ini kita baru pada tahap 30 persen dari total kebutuhan Basarnas dari keseluruhan, jadi sangat minim dengan Wilayah Indonesia begitu luas. Jumlah Kantor Basarnas hanya 44, Personil 3.600 di seluruh Wilayah Indonesia, padahal kita butuh 10.000 Personil. Maka dari itu kita buat Potensi SAR, seperti, Masyarakat, rekan – rekan Wartawan, Pemda setempat, TNI, POLRI dan Organisasi kemasyarakatan lainnya bahu membahu apabila ada gangguan bencana.”ujarnya

Lebih jauh Bagus mengatakan, jika ada nantinya perekrutan Personil serta penambahan personil dari Daerah itu sendiri, sangat diharapkan seperti daerah Natuna.

“Kita sangat mengapresiasi kinerja Kepala Kantor Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, tidak henti-henti nya mengajak Pemerintah dan Basarnas Pusat membenahi, maupun mengevaluasi Pembangunan di Kantor Basarnas Natuna. Dan iti semua untuk kepentingan Masyarakat banyak, agar efektif dalam mengantisipasi setiap bencana yang mengancam jiwa Kemanusiaan.” tutupnya.

Selanjutnya Bagus Puruhito di dampingi Ibu Darma Wanita Persatuan Badan Kemanusiaan dan Pertolongan bersama rombongan, memeriksa Alut kelengkapan dan Infrastruktur Basarnas.(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.