Pembangunan Gunakan Dana Desa Dikeluhkan Warga Dusun Batu Langka Kecil Desa Batu

0
161

INDEPENDENNEWS.COM, KAMPAR — Pembangunan jembatan di RT 01 RW 02, Dusun Batu Langka Kecil Desa Batu Langka Kecil, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar sangat memprihatinkan. Pembangunan jembatan yang dikerjakan oleh Jonnedi S.Ag, Kepala Desa Batu Langka Kecil menggunakan Dana Desa ( DD) tahun 2018 diduga asal jadi.

Penuturan salah seorang warga Desa Batu Langka Kecil yang tidak mau namanya dipublikasikan mengatakan, bahwa jembatan tersebut dikerjakan pada tahun 2018 lalu. Pada waktu itu saat jembatan dalam proses pengerjaan tidak pakai plang nama Proyek. Sehingga masyarakat tidak mengetahui informasi besaran anggaran DD untuk pembangunan jembatan tersebut.

” Umur jembatan itu tergolong masih baru karena dibangun akhir tahun 2018 atau masih berumur 1 tahun, taoi kondisi jembatan saat ini sudah rusak parah.” ujar Sumber kepada awak media di Bukit Candika Bangkinang Kota, Selasa (14/5/19).

Dikatakan sumber, jembatan yang menelan anggaran Dana Desa itu tak layak pakai, karena mengalami rusak parah.

“Warga sangat mengharapkan jembatan tersebut diperbaiki kembali, karena jembatan itu merupakan jalann menghubungkan atau jalan akses keperkebunan warga,” Ujarnya

Lebih jauh sumber mengatakan, akibat jembatan rusak masyarakat terganggu untuk melakakukan aktivitas pertanian.

“Kami tak bisa melalui jembatan, jangankan naik kendaraan, untuk pejalan kaki pun susah untuk melaluinya. Harapan kita untuk kedepannya, agar diperbaiki secepatnya. Supaya bisa di lewati oleh warga, dan transportasi lainnya,” ujar sumber

Selain itu, sumber juga membeberkan proyek lain di Dusun Batu Langka Kecil yakni proyek sumur bor yang dibangun dekat rumah kepala dusun.

” Sumur bor tak pakai tengki ataupun bak yang bisa difungsikan untuk masyarakat, jadi kesannya pembangunan sumur bor yang menikmati keluarga dia dekat kepala dusun,” keluhnya

Menurutnya, bantuan pemerintah itu tidak mungkin untuk pembangunan setengah setengah, pastilah dibangun agar bisa difungsikan oleh masyarakat.
“Kami berharap masyarakat bisa mengambil air bersih.”ujarnya

Di tempat terpisah, Kepala Desa Batu Langka Kecil, Jonnedi S.Ag, saat dikonfirmasi terkait pembangunan jembatan di kawasan kantor Bupati Kampar mengatakan, pembangunan jambatan rencananya penimbunan dikerjakan secara gotong royong, mengingat dananya tidak cukup, sehingga hanya sampai disitu saja.

“Terkait masalah proyek pembangunan jembatan yang mengalami retak, itu tidak bisa kita jamin. Selesai kita kerjakan, lalu kondisi jembatan retak itu bukan urusan kita, sedangkan jalan setapak saja kadang – kadang seperti itu.”Ujarnya mencontohkan pekerjaan lainnya.

Lanjut Jonnedi, pembangunan jembatan sudah di periksa oleh Inspektorat.

“Inspektorat sudah turun periksa sebelum diserahkan, kita hanya menunggu instruksi. Kalau memang disuruh perbaiki, tidak jadi persoalan sama kita memang seperti itu kerja kita di Desa,” jelas Jonnedi membela diri.

Dikatakan Junedi, dia sebagai kepala dusun sampai hari ini dia sudah dua periode atau tiga periode di Desa, belum ada lagi bermasalah kerja kita selama ini. “Tapi itu tidak masalah kalau orang mengkritik kita, silahkan saja. Tetapi seharusnya bertanya dulu, ini kenapa dan dimana. Ini datang melapor tanpa konfirmasi, berarti tidak mau berkawan namanya itu. Saya kalau bisa senegeri ini silaturrahminya itu jalan, tetapi saling menyalahkan itu bisa kok pak,” lanjut Kades.

“Sewaktu pengerjaan proyek jembatan itu kita pakai plang anggaran, tidak ada pengerjaan kita yang tidak pakai plang anggaran. Masalah anggarannya kita tidak ingat lagi berapa, coba kita lihat lagi berapa anggarannya.

“Selanjutnya Proyek sumur bor ini bersumber dari Dana Desa tahun 2018, diperuntukan untuk masyarakat. Sementara tudingan – tudingan masyarakat katanya keluarga saya yang pakai, itu tidak benar sudah kita buatkan baknya disitu untuk tempat mandi dan mengambil air. Padahal itu tanah pribadi saya semuanya yang kita jadikan, seluruh fasilitas di Desa itu tanah pribadi kita yang di jadikan,” terang Kepala Desa Batu Langka Kacil.(Rizki)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.