Pembagian Sembako Tahap II di Sagulung Bermasalah, Janji Walikota Bak’ Angin Surga

0
621

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Pembagian bantuan sembako tahap II di Kelurahan Sei Langkai, Kecamatan Sagulung-Batam, kembali menuai kekecewaan dari sejumlah warga.

Seperti yang disampaikan oleh salah seorang inisial AT, warga RT 03/RW 08 Kelurahan Sei Langkai kepada independennews.com, Minggu (07/6/2020)

“Kami warga RW 08 ada sekitar 600 Kepala Keluarga. Sedangkan yang dapat bantuan sembako hanya 300 KK saja. Artinya penerima hanya setengah dari jumlah warga,” jelas AT yang namanya tidak mau dipublikasikan.

Walikota Batam, lanjut AT, pernah menyampaikan, bahwa semua warga yang terdampak Covid 19 akan mendapat bantuan sembako tahap II. Terkecuali warga yang sudah menerima bantuan BLT, PKH, dan BNPT. Tapi realitanya, kami warga RW 08 lebih banyak yang tidak menerima,” keluhnya.

BACA JUGA : Ketua MPR RI : Pelaksanaan Tatanan Hidup Baru, Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Terpisah, Ketua RT 03/RW 08 Kelurahan Sei Langkai, Bahari Siregar membenarkan terkait jumlah pembagian paket sembako tersebut. Bahwa warganya sebanyak 96 KK, di kurang jumlah penerima BLT, PKH, BNPT, maka total warga yang diajukan untuk penerima bantuan sembako tahap II ada sekitar 79 KK. Namun bantuan sembako yang diterima dan disalurakan untuk warganya hanya 27 paket sembako.

“Warga RT 03 RW 08 ada 96 KK, dikurang penerima BLT, PKH, BNPT, maka jumlah warga yang saya ajukan untuk menerima bantuan sembako ada 79 KK. Sementara bantuan sembako tahap II yang kami terima hanya 27 paket saja. Maka ada sekitar 52 KK warga kami yang tidak mendapatkan bantuan sembako tahap II ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Walikota Batam, HM. Rudi SE, menyampaiakan bahwa untuk pembagian bantuan sembako tahap dua, semua masyarakat yang terdampak Covid 19 akan mendapatkan bantuan sembako tahap II.

Terkecuali masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Alasannya tiga kelompok ini sudah mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat dan tidak boleh lagi mendapat bantuan sembako dari pemerintah kota.

“Tahap dua ini total (se-Batam) yang dibagikan jumlahnya 284.223 paket. Kami berharap ini dapat meringankan beban masyarakat,” kata Rudi belum lama ini.

BACA JUGA : Helikopter MI-17 TNI AD Jatuh, Ini Nama-nama Korban nya

Namun sangat disayangkan, karena apa yang pernah disampaikan oleh Walikota Batam ini, tidak sinkron dengan pelaksanaan penyaluran sembako di Kelurahan Sei Langkai.

Bahkan apa yang pernah disampaikan oleh Walikota Batam, hanya bagaikan angin surga bagi sebagian masyarakat Kelurahan Sei Langkai yang tidak merasakan janji Walikota Batam tersebut.

Hingga berita ini dipublis, Lurah Sei Langkai, Chandra Hermawan belum bisa dimintai keterangan. (Ls)

BACA JUGA : Sejumlah Gereja di Batam Terima Paket Sembako Dari BP Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here