Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Semen, Bupati Blitar Optimis Masuk Peringkat Besar ADWI 2022

0
88
Foto : Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Semen, didampingi Bupati Blitar (Budi)

IndependenNews.com, Blitar (Jatim) | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Rabu, 29 Juni 2022.

Desa Semen merupakan salah satu desa wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dalam kunjungannya, Menparekraf atau biasa dipanggil Mas Menteri mengapresiasi konsepnya dalam membangun desa wisata berbasis komunitas atau Community Based Tourism (CBT) yang dapat menciptakan peluang lapangan kerja, dan meningkatkan penghasilan karena banyak produk ekonomi kreatif yang beragam.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Centra Asia (BCA) melalui program ‘Bhakti BCA’ yang telah bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendesain Desa Wisata Semen hingga masuk 50 besar ADWI 2022.

“Saya sangat mengapresiasi konsep desa wisata berbasis komunitas. Dimana, konsep ini dapat menjadikan peluang lapangan pekerjaan menjadi tinggi. Atas nama pemerintah pusat, saya juga mengucapkan terimakasih kepada BCA, sehingga desa wisata Semen bisa menjadi desa wisata yang berkelanjutan,” kata Mas Menteri dihadapan awak media dan masyarakat Desa Semen.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga mantan Calon Wakil Presiden RI ini juga mengatakan, dengan melihat pengunjung desa wisata bisa naik mencapai tiga puluh persen (30%), menurutnya, itu menunjukkan adanya estimasi 1,1 juta lapangan pekerjaan baru dapat diciptakan asal tetap menjaga momentum kebangkitan pasca pandemi.

“Namun ekonomi sekarang mengalami banyak tantangan. Harga-harga bahan pokok meningkat. Kami berkomitmen dengan kegiatan desa wisata ini ekonomi masyarakat akan terbantukan,” ujar Mas Menteri.

Kemudian Mas Menteri berharap, pariwisata di Indonesia kedepan harus semakin menyentuh kepada lapisan masyarakat bawah dan tidak hanya milik kuasa masyarakat menengah ke atas.

“Sebab, pariwisata bukan hanya untuk yang berduit. Tapi pariwisata harus bisa mampu mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam kesempatannya mendampingi Menparekraf menyampaikan terimakasih kepada Menteri Sandiaga Uno atas kunjungannya kembali ke Kabupaten Blitar setelah satu tahun lalu di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, juga terkait desa wisata.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, kata Rini Syarifah atau biasa di sapa Mak Rini, siap terus berupaya menguatkan kapasitas desa wisata sebagai sarana pengembangan ekonomi masyarakat dan edukasi wisata. Sehingga, optimis Desa Semen mampu meraih prestasi terbaik di ADWI tahun 2022 ini.

“Terimakasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga yang kembali berkunjung ke Kabupaten Blitar,” tukasnya.(adv/kmf/jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here