Lapas Suka Miskin Bandung Butuh Perhatian, Ini Sebabnya

0
216

BANDUNG, Lapas Sukamiskin Bandung, dihuni oleh para narapidana kasus korupsi. Mantan pejabat negara berlatar belakang karir, politisi, PNS hingga kepala daerah. Rata-rata, mereka banyak yang sudah berusia lanjut dan sudah sakit-sakitan bahkan ada yang sudah meninggal dengan status terpidana.

Informasi yang dihimpun, diusia lanjut, seorang warga binaan kasus korupsi di Lapas Sukamiskin juga mengalami kebutaan karena mengidap penyakit diabetes dan tinggal seorang diri di kamar tahanan.

Kepala Lapas Sukamiskin Asep Sutandar saat dikonfirmasi mengatakan, seorang warga binaan kasus korupsi saat ini menjalani pidana dengan kondisi kesehatan tidak bisa melihat.

“Betul ada warga binaan yang buta, satu orang,” ujar Asep saat dihubungi via ponselnya, Jumat (22/1/2021) petang

Dikatakan Kalapas, kondisi gangguan penglihatan itu di saat menjalani hukuman penjara dan tinggal sendiri di kamar tahanan, sesuai aturan yang diberlakukan lapas Sukamiskin yakni wajib satu orang dalam satu kamar tahanan.

“Selama ini (napi yang buta) dirawat oleh dokter lapas. Untuk kesehariannya didampingi tahanan pendamping dari narapidana tindak pidana umum,” ucap Asep

Kondisi narapidana yang mengalami kebutaan itu, Sambung Asep, narapidana ini sempat diungkap OC Kaligis, terpidana korupsi yang mendekam di Lapas Sukamiskin pada Januari 2020 lalu.

Dia menyebut, narapidana yang buta itu merupakan terpidana kasus korupsi makan dan minum di Pemkab Garut berinisial Er dan dari Probolinggo, Jawa Timur.OC Kaligis bahkan menyebut ada warga binaan yang sudah lupa ingatan.

Saat dikonfirmasi narapidana yang buta itu identitasnya seperti yang diungkap OC Kaligis, Asep yang baru menjabat sejak 5 Januari 2021 itu belum bisa memastikannya.

“Saya harus cek dulu,” ucap Asep.

Hanya saja, dia memastikan bahwa seorang warga binaan yang alami kebutaan itu sudah pernah diusulkan ke pusat.

“Yang bersangkutan sudah diusulkan ke pusat agar dipindah ke RS Pengayoman di Cipinang namun saat ini situasi Covid 19, yang menyebakan pelayanan RS penuh,” ucap dia.

Ia mengaku banyak warga binaan yang sudah berusia sepuh bahkan sudah dipapah menggunakan kursi roda di Lapas Sukamiskin.

Almarhum Annas Maamun, eks Gubernur Riau, sempat terlihat menggunakan kursi roda didorong petugas Lapas Sukamiskin saat hendak mencoblos di Pilpres 2019.

“Banyak yang usia lanjut tapi ada pendampingnya dari narapidana umum. Makanya kami sedang berkoordinasi dengan lapas lain agar ada warga binaan berkemampuan khusus untuk pindah ke Lapas Sukamiskin supaya bisa jadi tahanan pendamping.” Tutup Asep.(*Amron Sihombing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here