Konsul Jendral Amerika Bersama BP Batam Gelar Workshop Tentang Kemanan Laut Dan Pelabuhan

0
479
Foto Bersama Konsulat Amerika Serikat dengan Petinggi BP Batam

Batam-Dalam meningkatkan keamanan pelabuhan khususnya diwilayah Pulau Batam, Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk Sumatera bekerja sama dengan BP Batam mengadakan Seminar dan Workshop terkait dengan Keamanan Maritim dan Pelabuhan di Amerika Serikat yang diadakan di Gedung Marketing Centre BP Batam, Belum lama ini.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Heri Suryono selaku Kabid Kepelabuhanan Kantor Pelabuhan Laut BP Batam yang mewakili Anggota 3 Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Rc. Eko Santoso Bidianto yang tidak bisa hadir dikarenakan harus menghadiri rapat di Jakarta. Beliau mengatakan dalam kata sambutannya bahwa “Batam merupakan pusat pengembangan kemaritiman diwilayah Kepri dimana Batam menghubungkan ke beberapa wilayah Negara seperti Singapura dan Malaysia, sehingga keamanan dan keselamatan di pelabuhan merupakan faktor penting dalam pengelolaan pelabuhan, dan kegiatan ini sangat penting dan perlu kita ketahui kita bersama khususnya pengelola jasa kepelabuhanan yang berada di Batam”.

Selain itu kegiatan workshop ini juga di hadiri oleh Juha Salin (Konsul AS untuk Sumatera), Jim Mullinax (Konsuler Ekonomi AS), Rachma Jaurinata (Senior untuk bidang Politik dan Ekonomi Specialis), Hans Sukanto (Asisten untuk bidang Publik Ekonomi dan Sean Moon (Tenaga ahli di bidang keamanan pelabuhan) yang akan memberikan pemaparan mengenai pentingnya keamanan kemaritiman dan pelabuhan.

Untuk kegiatan workshop kali ini BP Batam mengundang perusahaan-perusahaan yang memiliki otoritas terhadap pengelolaan pelabuhan khusus (pelsus) seperti Mc. Dermott, beberapa Kawasan Industri dan juga asosiasi pengusaha Indonesia (APINDO).

Adapun maksud diadakannya kegiatan workshop ini pihak Konsul Jenderal Amerika yang diwakili oleh Sean Moon selaku tenaga ahli di bidang keamanan pelabuhan di Amerika Serikat menjelaskan bahwa “Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pengelola pelabuhan di Batam khususnya baik dari pihak pemerintah maupun swasta yang memiliki otoritas pengelolaan kepelabuhanan dalam

menjaga keamanan di pelabuhan dan juga pergerakan barang/kargo yang dapat merugikan dan membahayakan bagi seluruh pengelola kepelabuhanan yang berdampak bagi keamanan suatu wilayah”.

Batam merupakan daerah industri dan berada sangat dekat dengan Negara Singapura dan Malaysia tentunya pemerintah Indonesia memberikan perhatian khusus bagi Batam untuk tetap menjaga keamanan wilayahnya, sehingga keamanan di pelabuhan sangat diperlukan bagi Batam untuk menjaga stabilitas ekonomi dan juga masyarakatnya, Sean meminta kepada para peserta workshop untuk dapat mematuhi semua sistem, prosedur, metode, prinsip dan juga kode keamanan baik yang berlaku secara lokal maupun internasional.

Mengingat di Batam banyak terdapat perusahaan-perusahaan yang memiliki otoritas khusus dalam mengoperasionalkan pelabuhannya tentunya kegiatan seperti sangat penting bagi mereka dalam menjaga keamanan pelabuhan yang dapat merugikan dan membahayakan bagi pengelola pelabuhan, seperti; penyelundupan, keamanan kargo, penumpang gelap, sabotase, terorisme serta hal-hal lainnya yang dapat membahayakan pelabuhan itu sendiri.

Mengakhiri kegiatan workshop, Sean Moon meminta kepada seluruh pihak pengelola otoritas jasa kepelabuhanan di Batam untuk meningkatkan keamanan dan menjaga keselamatan serta selalu waspada terhadap tindakan-tindakan yang dapat merugikan pelabuhan yang dikelola oleh mereka. Sean juga menghimbau agar selalu berkoordinasi dengan pihak terkait (Polisi, Bea dan Cukai, BP Batam) dalam menjalakan operasinya. Beliau berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengelola dan pengguna jasa kepelabuhanan di Batam, sehingga Batam akan semakin besar dan lebih baik.(humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.