Komisi II DPRD Batam, Dorong Dinas Lingkungan Hidup Tingkatkan Penerimaan Retribusi Sampah

0
1113

Batam-Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD kota Batam dengan Dinas Lingkungan Hidup, di ruang rapat komisi II , Selasa (11/4/17)

Pantauan IndependenNews.com, diruang rapat komisi II itu, sejumlah anggota Dewan memberi tanggapan dan saran kepada perwakilan yang diutus dinas Lingkungan hidup itu. Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dendi Purnomo berhalangan hadir.

Anggota DPRD Batam Sallon Simatupang saat itu mendesak dinas lingkungan hidup untuk menindak tegas warga yang membuang sampah sembarangan. Sallon menyarankan agar Dinas Lingkungan Hidup benar benar menindak tegas warga yang membuang sampah sembarangan.

“Kita harapkan Dinas lingkungan hidup agar menindak tegas warga yang melakukan atau membuang sampah sembarangan, tak peduli siapa orangnya.

“Saya tak peduli mau kelurga atau siapapun bila membuang sampah sembarangan harus ditindak tegas, jika tak berani menindak silakan dilaporkan kepada kepolisian,”Katanya

Lanjut sallon, Penindakan terhadap warga yang membuang sampah sebarangan sudah diatur dalam perda, tinggal sikap dari dinas terkait untuk menerapkannya.
“Dinas lingkungan hidup selaku yang membidangi diharapkan dapat menindak warga yang membuang sampah, dengan demikian batam kedepan kita tidak menemukan lagi warga yang membuang sampah sembarangan,Katanya

Sementara itu, Dr. Idawati Nursanti lebih menekankan hasil capaian penerimaan retribusi sampah. Ia berharap dinas lingkungan hidup bisa meningkatkan penerimaan retribusi sampah.

“Dari hasil capaian realisasi retribusi sampah tahun 2015 dan 2016 grafik menunjukkan kenaika. Berdasakan penerapan tahun sebelumnya, retribusi sampah tahun ini mesti ada peningkatan pula.”ujar idawat

Lanjut Idawati, saat ini menurutnya bahwa jumlah perumahan tiap tahun bertambah, oleh karena itu tentunya secara langsung akan menambah penerimaan pada retribusi sampah.

“Tidak akan ada kata, retribusi sampah menurun, secara logika jika jumlah rumah meningkat secara langsung retribusi juga akan meningkat pula. Kita harapkan dinas lingkungan hidup bisa meningkatkan penerimaan retribusi sampah.”Katanya

Hal senada disampaikan Mesrawati Tampubolon mengakatan agar dinas terkait betul betul melakukan penagihan retribusi sampah dengan baik.

Mesrawati lebih menyoroti perumahan yang ada di Bengkong, yang mana menurutnya penerimaan retribusi di daerah dapilnya tidak ada peningkatan. “saya berharap agar penerimaan retribusi di daerah bengkong mestinya harus meningkat. Tidak seperti sekarang ini.”Katanya.

Dari sisi penanganan sampah, ia berharap dinas terkait benar benar memperhatikan kondisi dilapangan trermasuk penyediaan TPS di tempat yang belum memiliki TPS sehingga sampah yang di buang warga tidak seleweran kemana mana. (Niko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.