Tingkatkan Ekonomi masyarakat, Nordin Himbau masyarakat bentuk Wadah Koperasi

0
153

Lingga, Independennews.com — Masyarakat lingga mengharapkan ada upaya pemerintah dalam perbaikan ekonomi yang saat ini dirasakan sangat sulit. Hal ini disampaikan masyarakat dalam kegiatan reses dewan masa persidangan III akhir tahun 2018, Selasa 16 Oktober 2018, di Desa marok tua kecamatan Singkep Barat.

Menanggapi aspirasi masyarakat tersebut, anggota DPRD Lingga komisi II Nordin dalam pertemuannya dengan warga berpendapat agar masyarakat terus berupaya memperbaiki ekonomi keluarga melalui pembentukan wadah seperti koperasi.

“Membangun ekonomi masyarakat sangat dibutuhkan sinergi dan kerjasama masyarakat dalam membentuk wadah seperti koperasi. Dalam pengembangan koperasi dituntut peran serta pemerintah daerah dalam segi pembekalan atau pelatihan.” ujar Nordin

Lanjut Nordin, dengan adanya wadah koperasi tentunya kita berharap ekonomi akan kembali menggeliat.

“sementara untuk urusan pembinaan terhadap masyarakat merupakan tugas pemerintah daerah agar masyarakat mampu mengelola koperasi dengan baik, dengan demikian ekonomi masyarakat akan cepat terpulihkan,” ujar Nurdin

Kata Pria Bersahajah ini menyarakan agar masyarakat tidak dipersulit dalam membentuk wadah koperasi.

Menurutnya, pemerintah daerah pada tahun ini telah menganggarkan biaya administrasi untuk 25 koperasi”. Kata Nordin, selasa (16/10/2018) di hadapan masyarakat desa marok tua.

Kata Nordin, pengurusan dokumen dari notaris, Kemenkumham, izin siup dan sebagainya di Gratiskan dan disiapkan Dinas koperasi.

“Namun sayang terhitung januari hingga okteber ini, baru ada 7 koperasi yang terbentuk, masih tersisa 18 lagi yang belum selesai dari rencana pembentukan koperasi sebanyak 25 Koperasi,” kata Nordin.

Dia menyarankan sebaiknya jatah yang tersisa ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya bagi masyarakat berpenghasilan rendah, karena ini kebutuhan dan kepentingan masyarakat, mengingat kedepannya untuk mendapatkan bantuan pemerintah daerah maupun pusat, koperasi sebagai wadah penyalurannya.

Jika saja modal yang menjadi penghambat selama ini, sesuai dengan ketentuan bahwa koperasi harus memiliki 20 juta modal awal, ” ini bisa di atur bersama anggota,”  tandas Nordin.( juhari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.