Ketua KPU DKI ‘rangkian pemeriksaan Kesehatan Paslon Gubernur rampung

0
717
Ketua KPU DKI (beritasatu)

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno mengatakan pemeriksaan kesehatan para kandidat gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta menjadi akhir dari kewajiban yang harus dilaksanakan. Dengan demikian, maka rangkaian pemenuhan persyaratan sudah rampung dilaksanakan.

Rangkaian pemeriksaan kesehatan rohani dan jasmani ini sudah dilakukan sejak Sabtu (24/9/16) dan Minggu (25/9/16) ini. Hasil dari pemeriksaan selama dua hari tersebut, baik pemeriksaan fisik, psikologi, dan narkotika akan menjadi satu kesatuan.

“Setelah dikumpulkan jadi satu hasilnya, lalu dikirim ke KPU pada tanggal 28 September 2016,” ujar Sumarno di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Jalan M.T. Haryono, Jakarta Timur, Minggu (25/9) dilansir beritasatu.

Dengan demikian, katanya, apa yang harus dilakukan para kandidat sebagai persyaratan sudah rampung. Kendati demikian, persyaratan lainnya saat ini tengah diverifikasi oleh KPU.

“Kami sedang lakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran yang diserahkan para kandidat sampai tanggal 29. Jika hasilnya ada kekurangan, masih diberi waktu sampai 4 Oktober untuk melengkapi,” katanya.
Iz
Setelah verifikasi dilakukan, kata Sumarno, pihaknya akan menetapkan calon yang lolos verifikasi persyaratan dan tidak lolos verifikasi persyaratan pada 24 Oktober 2016. Apabila ada calon yang tidak memenuhi syarat, maka KPU akan langsung menyampaikan pada partai pengusung untuk mengganti dengan calon yang lain. Pasalnya pihaknya juga harus mengatur waktu untuk menyiapkan logistik untuk hari pencoblosan.

Nantinya, calon pengganti juga harus mengikuti tahapan yang sama seperti para kandidat saat ini, dimana selain memenuhi persyaratan administrasi juga harus melakukan tes kesehatan jasmani dan rohani.

“Setelah ini, kami akan siapkan pelaksanaan kampanye untuk persiapannya, itu dimulai 28 Oktober 2016. Sebelumnya tanggal 25 Oktober, kami akan lakukan pengundian nomor urut,” pungkasnya. (beritasatu)

Ketua KPU DKI (beritasatu)
Ketua KPU DKI (beritasatu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here