Jelang HUT Adhyaksa ke 62, Kejati Kepri Gelar Even Fishing Kajati Cup

IndependenNews.com, Anambas | Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau (Kepri) melalui Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa melaksanakan event Fishing Turnamen Kejati Cup dalam rangka HUT Adhyaksa ke 62, kegiatan ini diikuti 62 Nelayan lokal, Minggu (21/8/2022).

Pelepasan acara tersebut secara langsung oleh Bupati Kepulauan Anambas dan bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD) dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Anambas yang diselenggarakan di Pelabuhan Lanal Tarempa.

Dalam kesempatan itu, Bupati KKA Abdul Haris, SH mengatakan, turnamen fishing Kejati Kepri cup yang digelar sangat baik dan diharapkan memberikan semangat kegembiraan dan motivasi kepada nelayan.

“Ini merupakan momentum kegembiraan di Hari Bhakti Adhyaksa yang ke 62 dan perayaan Hari Kemardekaan RI ke 77,”ujar Haris.

Haris menyampaikan, agar kegiatan semacam ini dapat diagendakan setiap tahunnya menjadi kegiatan rutin, yang dapat memberikan dampak positif bagi nelayan.

“Kedepannya agar kegiatan dapat didesain lebih besar dengan lebih memaksimalkan sejumlah aspek seperti kuliner sehingga memberikan nilai positif yang lebih baik. Karena, saya juga pernah jadi nelayan, merasakan bagaimana menghadapi ombak besar, menunggu dengan sabar dan mengalami semua yang dirasakan oleh nelayan,” ucapnya.

Kepala Cabjari Natuna di Tarempa, Roy Huffington menjelaskan, kegiatan yang dilangsungkan pada hari ini merupakan gagasan yang bermula dari percakapan di kedai kopi bersama OPD, FKPD dan HNSI.

“Kegiatan ini berawal dari kedai kopi dan adanya rencana Kejati Kepri, Bapak Gerry Yasid untuk melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Karena, beliau itu pecinta mancing dan juga salah satu putra terbaik Kepri yang peduli terhadap masyarakat khususnya nelayan,” jelas Roy.

Kacabjari juga menambahkan, dirinya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut serta dalam menyukseskan acara ini, baik itu dari Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal, HNSI, dan seluruh nelayan Anambas.

“Saya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat guna mensukseskan acara ini. Saya juga berpesan agar selalu menjaga kekompakan sekaligus untuk melestarikan kearifan lokal yang tetap masih menggunakan cara-cara tradisional dengan menggunakan pancing ulur dan meskipun berkompetisi, saya harap kepada para nelayan untuk tetap menjunjung sportivitas, menjaga kejujuran, dengan menjadi pemenang tanpa ada kecurangan,” kata Kacabjari Natuna di Tarempa.

Sementara itu, ketua Panitia lomba memancing, Yunizar mengatakan, bahwa ini memang merupakan sebuah ide yang dimulai dari Kedai Kopi dan juga merupakan sebuah kegiatan dalam memberikan hiburan dan perhatian kepada masyarakat nelayan

“Gagasan ini tercipta memang ketika dikedai kopi, tercetusnya ide seperti ini juga merupakan sebuah bentuk perhatian kepada nelayan, guna memberikan semangat dan juga bentuk apresiasi,” kata Yunizar yang juga merupakan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kepulauan Anambas.

Tak hanya itu, Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Anambas, Firdian syah juga akan memperjuangkan kegiatan-kegiatan positif seperti ini agar dapat terlaksana sesering mungkin.

“Kita akan berkoordinasi dengan OPD terkait dalam membuat event-event seperti ini sesering mungkin, dengan harapan kita dapat mempertahankan kearifan lokal budaya memancing dengan alat tradional,” sebut Firdian Syah.

Sekretaris HNSI Anambas, Dedy Syahputra juga mengucapkan apresiasinya kepada seluruh pihak-pihak terlibat khususnya Kejati Kepri, yang mana ini merupakan sebuah upaya menjag kearifan lokal dengan menggunakan alat pancing traditional.

“Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat, kami juga berharap agar perlombaan ini dapat dilakukan secara kompetitif dapat dinikmati dan mampu memotivasi Nelayan kompak bersama pemerintah,”katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kepulauan Anambas, Sekretaris Daerah, Danlanal Tarempa, Kapolres Kepulauan Anambas, Kacabjari Natuna di Tarempa, Kepala OPD, Lurah, dan Kepala Desa Tarempa Barat dan Desa Sri Tanjung. RS

You might also like