Medco E&P Natuna Gelar Festival Film Dikumenter Peduli Lingkungan

0
1008

Anambas, Independennews.com — Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P Natuna) menggelar Festival Film Dokumenter Lingkungan Hidup bertema “Kreativitas Generasi Muda Peduli Anambas, Sabtu (24/11/18) di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggali dan menyebarkan informasi tentang kondisi lingkungan Anambas lewat film.

Hadir dalam acara Festival FLM tersebut perwakilan Medco E&P Natuna dan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Pada kesempatan itu, Drajat Panjawi, Sr. Manager Relations & Security Medco E&P Natuna mengatakan, kegiatan ini terselenggara dengan bekerjasama dengan De Tara Foundation dan Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Festival ini kita tujukan untuk mengapresiasi kerja keras para peserta
pelatihan menggali, menyebarkan informasi kondisi lingkungan Anambas melalui film yang diselenggarakan
ketiga institusi tersebut. Tujuan kegiatan ini untuk mengampanyekan kepedulian dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup.” ujarnya

Sementara itu, untuk pembuatan film dokumenter ini, Kata Panjawi, dikombinasikan dengan media sosial sehingga dapat disebarkan secara massif dan efektif. Selain itu, untuk meningkatkan keterlibatan generasi muda dalam gerakan peduli lingkungan.

” Agenda festival ini berupa pemutaran 27 film karya finalis, pameran produk-produk kreatif sekolah-sekolah di
Kabupaten Anambas, penampilan seni budaya, pengumuman pemenang film dokumenter terbaik, dan penyerahan penghargaan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan – Program sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten.

“Komitmen kami dalam menjaga pelestarian lingkungan melalui sekolah-sekolah di Kabupaten ini membuahkan hasil luar biasa sehingga dapat dilihat dari perubahan perilaku dan perbaikan lingkungan yang signifikan di wilayah operasi. Festival film ini salah satu alat promosi kepedulian lingkungan, khususnya generasi muda. Harapannya, mereka memberikan pengaruh luas pada masyarakat melalui karya yang diunggah di media sosial.” ujar Drajat Panjawi.

Medco E&P Natuna tiga tahun belakangan ini bermitra dengan DeTara Foundation dalam program CSR pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas, yaitu Sekolah Model Peduli dan Berbudaya Lingkungan atau Sekolah Adiwiyata.

“Kini salah satu sekolah binaan kita yaitu SDN 003 Tarempa telah memenangkan Sekolah Adiwiyata 2018 di tingkat nasional. Salah satu bentuk kegiatan, pada Agustus 2018, Medco E&P Natuna dan
DeTara memfasilitasi pelatihan pembuatan film dokumenter dengan smartphone yang diikuti 91 peserta didik dan guru dari 17 sekolah binaan. (Firman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here