Gubernur Ansar Blusukan Pastikan Bantuan Tepat Sasaran

Foto : Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat blusukan di Kampung Tanjung Unggat, Rabu (11/8/21)

Independennews.com, Batam – Guna memastikan penyaluran Bantuan tepat sasaran Gubernur Kepri H Ansar Ahmad turun langsung ketengah masyarakat Tanjung Unggat, Tanjungpinang, Rabu (11/8)

Pada kegiatan itu Gubernur Ansar Ahmad didampingi oleh Wali Kota Tanjungpinang, Asisten I Pemprov Kepri, Kepala Bulog Tanjungpinang Parluhutan Siregar, dan Lurah Tanjung Unggat.

Kehadiran rombongan Gubernur di Kampung Tanjung Unggat tampak disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ansar mengingatkan agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran terutama bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Meskipun bantuan sekecil apapun apabila tepat sasaran pasti sangat berguna bagi mereka,” ucap Ansar

Dikatakan Ansar, bahwa selama pandemi ini banyak bantuan yang tersedia bagi masyarakat kurang mampu diantarannya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial, Bantuan beras 10 kg PKH bekerjasama dengan Bulog, dan Bantuan Sosial keluarga terkonfirmasi Covid-19 dan meninggal dunia karena Covid-19.

“Dan penerima BPNT adalah keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang sesuai dengan nomor induk kependudukan (NIK).
Bantuan BPNT diberikan berupa uang tunai Rp.200.000 yang dikirimkan melalui mekanisme akun elektronik.

“Bantuan uang tersebut hanya dapat digunakan untuk membeli bahan pangan melalui program Elektronik Warung Gotong Royong atau e-warong yang bekerja sama dengan bank. Melalui uang tersebut, masyarakat dapat membeli berbagai kebutuhan pangan, seperti beras sebanyak 15 kilogram (kg), telur 1 kg, kacang hijau 0,5 kg, dan buah jeruk,” terang Ansar

Sementara Bantuan Sosial Covid-19 dari Pemprov Kepri, sambung Ansar, penerima warga yang terdaftar dalam DTKS, dan khusus untuk keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 yang memiliki pendapatan harian, kepala keluarga yang terkena PHK, lansia, disabilitas, dan keluarga rentan miskin.

Nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp 1 juta Rupiah bagi keluarga yang terkonfirmasi Covid-19. Dan tiga juta Rupiah bagi anggota keluarga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

“Masyarakat yang tidak terdata di dalam DTKS, Dinsos Kepri akan mengirimkan ke Dinsos Kab/Kota untuk dapat diverifikasi apakah yang bersangkutan bisa mendapatkan bantuan atau tidak. Syarat yang harus dipenuhi adalah dengan melampirkan KTP, KK, buku rekening dan Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW di wilayah masing-masing,” ujarnya

Untuk memuluakan penyaluran bantuan itu, kepada Walikota Rahma, Gubernur Ansar menginstruksikan agar Dinsos Tanjungpinang segera mendata warga Tanjungpinang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sesuai kriteria tersebut agar Dinas Sosial (Dinsos) Kepri segera menyalurkan dana tersebut ketika mereka menjalani isolasi mandiri.

“Jika hari kedua mereka menjalani isoman, mereka sudah mendapatkan dana, sehingga tidak perlu lagi memikirkan mencari uang untuk mengasapi dapur,” ucap Ansar

Ia juga mengingatkan warga Tanjung Unggat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan di rumah mereka.

“jika rumah bersih, maka kesehatan akan terjaga.”tutupnya

Sumber : Laman Resmi Pemprov  Kepri.

You might also like