DPRD Tebo Berang Terkait Pungli dan Kasus Agraria Menumpuk Tak Terurai di BPN Tebo

0
222

TEBO, INDEPENDENNEWS.COM–Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tebo, gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada, Senin (4/5/2020) bersama Dinas Badan Pertanahan Nasional Tebo, terkait banyaknya pengaduan dan laporan dari masyarakat yang di terima oleh wakil rakyat Tebo.

Banyaknya laporan masyarakat yang di terima Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tebo, terkait masih adanya pungli dan lambannya proses pengurusan sertifikat di BPN Tebo.

Bukan itu saja para wakil rakyat ini juga mendapatkan laporan terkait perizinan (HGU) perusahaan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, diantranya HGU PT. TEBO INDAH yang wilayah izinnya masuk dalam pemukimam warga dan juga lahan yang dalam kawasan HGU tersebut tidak di kelolah dan di usahakan oleh perusahaan sesuai dengan perizinannnya. Sehingga hal tersebut dinilai sangat merugian masyarakat.

Soal sertifikat dan pungli di BPN Syamsu Rizal Wapin, anggta DPRD dari Fraksi Demokrat merasa sangat kecewa dan berang ketika hendak mengurus sertifikat untuk pemecahan di minta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu.

“Mengurus sertifikat hampir satu tahun dan kita minta untuk di pecahkan, dan pihak BPN minta untuk di bayar dahulu jika tidak maka tidak di ukur oleh pihak BPN,” ujarnya kesal.

Dikatakanya lagi, “Ukurlah dulu pak nanti jika sudah di ukur akan saya bayar. Bagaimana pelayan masyarakat seperti ini,” sambungnya lagi.

Sementara itu Ivandri Wapin anggota DPRD Tebo, yang juga dari fraksi Demokrat ikut mempertanyakan terkait HGU PT. Tebo Indah.

“Bagaimana mungkin izin HGU diatas lahan masyarakat berstatus APL tanpa ada penyerahan dari masyarakat. Sebab lahan tersebut benar milik masyarakat mestinya harus ada penyerahan dari masyarakat. Untuk hal ini perlu di lakukan pengkajian ulang,” ucapnya tegas.

Para wakil rakyat Tebo ini juga sangat kecewa dan menyayangkan, karena Kepala BPN Tebo yang mestinya hadir tidak hadir.

Untuk itu anggota DPRD Tebo akan menjawalkan ulang pertemuan kembali. Dan berharap dapat menghadirkan Kepala BPN dan seluruh seksinya dengan menyiapkan seluruh data yang di minta oleh Dewan sebagaimana yang tertuang dalam notulen rapat.

Rapat yang di pimpim oleh Wapin DPRD Tebo Syamsu Rizal.SE, M.Si di hadiri oleh satu unsur pimpinan Dewan Ivandri dari Fraksi PDIP dan sebelas orang anggota Komisi II DPRD Tebo, serta tiga orang perwakilan BPN Tebo dan masyarakat Bangun Seranten.(Hrf)

Editor: Ls

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here