Dorong Peningkatan Skala UKM di Batam, JNE Gelar Golaborasi Bisnis Online 2021

0
189
Foto: Webinar Golaborasi Bisnis Online yang diselenggarakan oleh JNE

IndependenNews.com, Batam | PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menggelar webinar “JNE Gollaborasi Bisnis Online” di Batam pada Senin, (20/12/2021) melalui virtual zoom meeting.

Webinar tersebut dipandu oleh Gagang dan menghadirkan narasumber dari JNE dan pelaku UKM yakni Branch Manager JNE Batam, Vivi Nadiyah; Owner Rare_Aretha, Rara Mella Mareta; dan Owner Queenera Handmade, Noviana Eka Rhahmawati.

Dalam kesempatan tersebut, Branch Manager JNE Batam, Vivi Nadiyah menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan webinar tersebut dalam rangka mendorong para pelaku usaha kecil menengah (UKM) online untuk berinovasi dalam berusaha khususnya di masa pandemi Covid-19.

Di samping itu, dirinya juga mengajak para pelaku UKM untuk berkolaborasi dengan JNE yang merupakan salah satu perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia untuk mendukung percepatan pengiriman produk dari masing-masing pelaku UKM kepada konsumen.

Pada kesempatan yang sama, owner Rare_Aretha, Rara membagikan pengalamannya dalam berusaha online. Diawali dengan passion nya dibidang hijab, membuat karir brand hijab miliknya semakin dikenal oleh masyarakat luas.

“Awalnya saya memulai dari teman-teman saya, menawarkan brand saya kepada teman dan meminta mereka untuk merepost brand saya ini, dan alhasil banyak yang tertarik,” ucap Rara.

Sementara itu, Owner Queenara Handmade, Noviana Eka Rhahmawati, juga berbagi pengalaman dalam memulai usaha bisnis online. Noviana menyebutkan, setiap pelaku atau calon pelaku UKM online terlebih dahulu harus memahami produk yang akan dibuat dan akan dipasarkan kemana.

Dirinya selaku pemilik brand parfume itu juga menceritakan produk buatannya yang ramah lingkungan dengan memproduksi alat dan bahan pendukung yang ramah lingkungan dan mudah diuraikan dan di daur ulang.

“Kita selaku anak muda juga harus peka terhadap bumi yang semakin tua. Oleh karena itu saya menciptakan produk yang menekan penggunaan plastik dan limbah yang sulit terurai,” paparnya.

Lebih lanjut dirinya mengajak para pelaku UKM di Batam untuk tetap bertahan dengan usaha yang ada yakni dengan tetap memegang prinsip sustainability sistem yang baik.

“Kepada JNE terimakasih selalu suport UMKM di indonesia lewat webinar ini, selalu mau belajar karena dunia ini dinamis,” ajaknya.

Sebagai informasi, Batam merupakan kota ke-59 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 yang sebelumnya telah dilakukan di Tarakan. Gelaran webinar ini turut hadir dalam rangka memperingati hari jadi kota Batam yang ke-192 pada 18 Desember 2021.

Setelah Kota Batam, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Ternate pada 29 Desember 2021. Roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia, JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate. (SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here