Walikota Batam Akan Meresmikan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

0
1130

INDEPENDENNEWS.COM, BATAM — Pemerintah Kota Batam akan mengundang ribuan Jamaah dari lima negara tetangga untuk menghadiri acara peresmian Pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riwayat Syah Tanjung Uncang, pada Jumat (20/9/19)

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar mengatakan, acara peresmian masjid Sultan Riayat Syah disejalankan dengan kegiatan Tabligh Akbar Kemilau Muharam 1441 hijriyah. Selain mengundang jemaah luar negeri, panitia juga bakal menghadirkan dua penceramah kondang. Yakni Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Mohammad Kazim bin Elias dari Malaysia.

“Setidaknya ada 2.000 jemaah dari Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei, dan Vietnam yang diundang untuk datang ke Batam. Mereka akan dibawa menyaksikan rangkaian acara peresmian Masjid Agung II Batam, Jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, Batuaji, Batam.” kata Boerlimar

Acara peresmian Masjid SMRS besok akan dikemas dalam kegiatan Tabligh Akbar Kemilau Muharam 1441 Hijriyah. Selain mengundang jemaah Luar Negeri, panitia juga bakal menghadirkan dua penceramah kondang yaitu, Ustaz Abdul Somad dan Ustadz Mohammad Kazim bin Elias dari Malaysia.

“Kedua ustaz tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri, karena keduanya cukup populer dan memilik banyak sekali jemaah. Mudah-mudahan acara berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun,” ujar Buralimar

Untuk persiapan, Buralimar sendiri memastikan, persiapan semua sudah mantap. Pemerintah Kota Batam bahkan sudah melakukan kegiatan bersih-bersih di seluruh area masjid dengan mengerahkan para pegawainya.

Masjid SMRS disebut-sebut merupakan masjid terbesar di Sumatera, yang bisa menampung puluhan ribu umat muslim untuk beribadah.

Desain masjid ini mengadopsi arsitektur dari Masjid Nabawi Madinah, yang dipadu dengan kebudayaan Melayu. Berdiri di atas lahan seluas 4,2 hektare, tempat ibadah ini diperkirakan mampu mendatangkan jutaan wisawatan. Kemegahan dan keunikan masjid ini bisa dinikmati lewat ornamen-ornamen yang ditempel pada dinding bercorak Melayu.

Kemegahan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sempat memukau Yang Dipertua Dewan Undangan Negeri Pahang Malaysia, YB Dato Sri Haji Ishak bin Haji Muhammad. Ia menjadi wisatawan mancanegara pertama yang mengunjungi Masjid Agung II Batam.

“Alhamdulillah, kami berkesempatan meninjau dan melawat Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang terbesar di Batam. Kami bersyukur karena dapat melihat dengan mata kami sendiri, betapa cantik dan indahnya masjid ini. Kami yakin masjid ini akan dapat menarik pelancong seluas-luasnya. Di samping meningkatkan lagi image Islam di Indonesia,” ucapnya.

Rombongan Dato Sri Haji Ishak berjumlah sekitar 30 orang. Di antaranya adalah Perkumpulan Kebajikan Anak Yatim (Pekaya) Pahang. Kedatangan mereka ke Batam dalam rangka berlibur sekaligus mengunjungi beberapa lokasi panti asuhan. Meski belum diresmikan, rombongan diberi kesempatan untuk berkeliling bangunan masjid dan melaksanakan shalat zuhur berjemaah di ruang VIP lantai 1.

Kekaguman serupa juga ditunjukkan dua artis ibukota, Raffi Ahmad dan Billy Saputra. Keduanya juga berkesempatan berkeliling bangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, meski belum diresmikan, kemarin. Bahkan, suami Nagita Slavina dan adik almarhum Olga Syahputra ini sempat naik ke menara 99.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, peresmian Masjid SMRS akan dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menurutnya, ini akan menjadi momen besar yang semarak sehingga diyakini akan banyak mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah akan menjadi salah satu ikon Kota Batam. Keberadaan masjid ini bisa menjadi daya tarik bagi wisman, khususnya untuk wisata religi, ujarnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, peresmian Masjid SMRS disejalankan dengan peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1441 Hijriah. Kegiatan ini diyakini bakal menyedot ribuan umat Muslim di Batam dan sekitarnya lantaran bertepatan dengan salat Jumat perdana di masjid tersebut.

“Kita akan mulai acaranya pukul 08.00 WIB sampai selesai salat Jumat. Insyaallah itu salat Jumat perdana di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah,” kata Rudi saat meninjau ke lokasi masjid, Kamis (5/9/19) lalu.

Rudi mengundang seluruh umat muslim di Batam dan sekitarnya untuk hadir pada tabligh akbar itu. Ia memastikan, Pemko Batam sudah menyiapkan konsumsi untuk masyarakat yang hadir.

“Silakan hadir, tidak ada batasan. Semakin ramai semakin bagus. Pemko Batam akan menyiapkan makan siang sekitar 50 ribu nasi kotak,” kata Rudi.

Ia menegaskan, untuk konsumsi masyarakat akan dikoordinasikan dengan masing-masing kecamatan di Batam. “Sekali lagi, saya mengundang semua saudara-saudara saya umat Muslim untuk hadir di acara tabligh akbar 20 September 2019 di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah,” ujarnya.

Pada acara tabligh akbar nanti, Rudi mengimbau jamaah hadir dengan mengenakan pakaian muslim serba putih. ( Very )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here