Dinas P3 AP2KB Kabupaten Natuna Rekrut Tenaga PK21

0
187

Independennews.com, Natuna – Dalam upaya mendukung program 5 tahunan pendataan seluruh penduduk di Indonesia oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Dinas P3 AP2KB Kabupaten Natuna melakukan perekrutan tenaga pelaksana lapangan dan melatih mereka serta memonitoring.

“Pendataan Penduduk di Kabupaten Natuna akan dilaksanakan selama dua bulan yang dimulai pada bulan April dan akan berakhir pada bulan Mei mendatang,”ujar Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana, Fachry Husain Media ini saat dikonfirmasi melalui telepon genggam nya. (13/4/2021)

Dikatakan Fachry, pendataan akan berlangsung selama 2 bulan, dan saat ini sudah berlangsung selama 15 hari karena kegiatan pendataan ini dimulai pada 1 April lalu hingga 31 Mei 2021.

“Sasaran pendataan yang dilakukan oleh tim pendataan yakni Kepala Keluarga yang ada diwilayah Kabupaten Natuna yakni sebanyak 22.937 KK,” ucap Fachry.

Sedangkan tenaga pendataan dalam kegiatan ini, Sambung Fachry, pihaknya merekrut petugas pelaksana Pendataan Keluarga (PK21) sebanyak 207 Orang yang terdiri dari Manager Pengelolaan 15 orang, Manager Data 15 orang dan Supervisor : 77 orang, Kader Pendata 100 orang.

Lebih lanjut Fachry mengatakan bahwa tujuan dari Pendataan Keluarga 2021 (PK21) mem validkan data base keluarga seperti data kependudukan, data keluarga berencana dan data pembangunan keluarga.

Selain itu, Kata Fachry, data stunting yang dapat dijadikan acuan untuk evaluasi keberhasilan program Bangga Kencana, dan dasar dari penyusunan kebijakan dan program dikemudian hari.

“Target PK21 yakni keluarga khusus, dimana keluarga yang di data tidak berdasarkan kepemilikan berkas administrasi kependudukan di wilayah tersebut, namun berdasarkan dimana keluarga berada saat pendataan keluarga dengan syarat:

a.Keluarga telah tinggal di wilayah tersebut sekurang- kurangnya 6 bulan, jika kurang dari 6 bulan pastikan keluarga tersebut berencana menetap di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan.

Pelaksanaan PK21 di laksankan pada tanggal 01 Apri s/d 31 mei 2021 secara serentak seluruh indonesia termasuk jga Kabupaten Natuna. Hari pertama pendataan di lakukan pendataan pada keluarga pejabat daerah di kabupaten dan di ikuti pada tingkat kecamatan dan Desa.

Harapan dari PK21 yakni, agar pendataan dapat selesai 100 % sesuai target serta akurat, diharapkan kerja sama dari seluruh masyarakat agar bersedia di data dan memberikan data yang jujur dan benar.” Pungkasnya (Lubis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here