Diduga Lakukan Pemerasan, Ketua LSM Mandiri Jekson Napitupulu Dimankan Polisi

0
114

INDEPENDENNEWS.COM, MEDAN — Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kali ini menangkap Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mandiri, Jekson Napitupulu, di sebuah kafe Jalan Stadion Teladan, Medan, Kamis (4/7/2019).

Informasi yang berhasil dihimpun di Mapolda Sumut, Jekson Napitupulu, ditangkap lantaran melakukan pemerasan terhadap Muhamad Aswin Lubis atas dugaan penyelewengan dana proyek rutin Pemeliharaan dan Perawatan Jalan dan Jembatan, Dinas Bina Marga Pemprov Sumut. Dari tangan Jekson petugas kepolisian berhasil menyita barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 9.950.000.

Kanit 5 Subdit IV/Renakta Polda Sumut, Kompol Alberson, yang dikonfirmasi, Selasa (16/7/2019) membenarkan adanya penangkapan tersebut, Jekson ditangkap oleh Tim Saber Pungli Polda Sumut.

“ya betul dia ditangkap, saat ini dia sedang menjalani pemeriksaan,” ungkapnya.

Dikatakan Alberson, kasus ini dalam proses penyidikan, pihaknya juga turut memanggil Kabid Pengaduan Inspektorat Pemprov Sumut, Yilpipa Minanda, untuk diambil keterangannya.

” Yilpipa kita ambil keterangannya, karena penyidik ingin mencari tahu surat pengaduan Jekson ke Inspektorat soal proyek bermasalah yang dikerjakan Aswin.”Ujar Alberson

Lanjutnya, Yilpipa dipanggil karena tersangka Jekson mengirim surat ke Inspektorat soal proyak tersebut. Sewaktu surat masuk ke Inspektorat menurut Yilpipa surat dari Jekson itu tanpa diregister langsung dikirimkan ke Dinas Bina Marga.

Informasi yang beredar, diduga bahwa sumber infomasi soal proyek bermasalah yang dikerjakan Aswin diduga peroleh dari Yilpipa.

“Jadi Yilpipa sebagai pemberi informasi saol proyek bermasalah itu kepada Jekson. Namun Pemeriksaan Yilpipa sebatas untuk mencari surat pengaduan yang dijadikan Jekson untuk memeras Aswin.” ujarnya

Selanjutnya untuk pengembangan kasus ini, kemungkinan kita juga akan periksa pegawai Dinas Bina Marga.

Sementara itu, Kasubdit IV/Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut, Kompol Reinhard Nainggolan juga membenarkan bahwa pihaknya tengah menangani kasus tersebut.

“Yah betul, kasusnya sedang kita tangani.” Kata Reinhard (FG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.