Cari Barang Bekas, Warga Desa Landak Malah Temukan Paket Berbahaya

0
150

IndependenNews.com, Anambas | Warga Desa Landak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas menemukan 36 paket bungkusan plastik warna hitam yang diduga kuat berupa Narkotika di pinggir pantai Tunjuk Desa Landak, Jumat (1/7/2022).

Babinsa Koramil 04/Letung, Kodim 0318/Natuna, Serda Yugo menjelaskan Kronologis penemuan paket tersebut, bermula saat Bapak Rusdikun, warga Desa Landak sedang menyusuri pantai Tunjuk untuk mencari barang bekas.

Saat itulah Rusdikun menemukan sebuah bungkusan plastik besar berwarna hitam di bibir pantai. Sontak saja ia langaung memanggil Bapak Syamsul Bahri selaku Ketua RT yang kebetulan berada di TKP penemuan barang tersebut.

Kedua warga itu mengamankan paket tersebut agar tidak hanyut, kemudian mereka juga memanggil Kepala Dusun (Kadus) yang kebetulan lewat.

“Penemuan paket tersebut pertama sekali ditemukan oleh warga yang sedang menyisir pantai untuk mencari barang bekas, yang kemudian menemukan bungkusan hitam besar yang mencurigakan, setelah dibuka oleh warga ada terdapat 25 paket, selanjutnya mereka saling menghubungi pihak-pihak lain untuk mengamankan barang tersebut,” jelas Serda Yugo.

Sambung Yogo, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait penemuan benda mencurigakan tersebut, dirinya segera menghubungi Kepala Desa (Kades) Desa Landak, Amirullah, yang selanjutnya Serda Yugo juga menghubungi anggota Polsek Jemaja.

“Setelah mendapatkan laporan dari warga, saya langsung menghubungi anggota Polsek Jemaja, Briptu Candra Fajar,” kata Serda Yugo.

Sementara itu, Polsek Jemaja setelah mendapat informasi itu, personil polswk Jemaja yakni Briptu Chandra Fajar, Ipda Rudi Luis, Brigadir Mauliyadi, Brigadir Niko segera mendatangi TKP.

Setibanya di tempat, Kanit Reskrim beserta anggota Polsek Jemaja langsung mengamankan dan membawa plastik besar berwarna hitam tersebut ke Polsek Jemaja untuk dilakukan penelitian oleh Dr. Soeherry guna memastikan jenis barang mencurigakan tersebut.

Setelah di lakukan Drug Abuse Test oleh Dr. Soeherry, ia menyampaikan bahwa zat yang terkandung dalam paket tersebut berjenis Cocain dan benzodiazepin.

Tak hanya itu, setelah dilakukan penyisiran kembali oleh pihak berwenang, paketan kembali di temukan dengan junlah yang lebih sedikit, yaitu 9 paket pada pukul 13.00 dan 2 paket pada pukul 15.00 WIB. Dengan begitu, total junlah paketan yang ditemukan dan di suga Narkoba jenis Cocain tersebut berjumlah 36 paket dengan berat perkiraan 1Kilogram/paket.

Hingga berita ini diunggah aparat kepolisian dan warga masih melakukan penyisiran dan pencarian, sedangkan paket yang telah ditemukan telah diamankan dan dibawa ke Polres Kabupaten Kepulauan Anambas di Tarempa.

Sementara itu, Kapolres Kep. Anambas AKBP Syafrudin S Sakti dalam konfrensi Pers membenarkan penemuan paket oleh warga yang sedang mencari barang bekas di bibir pantai Tunjuk Desa Landak.

Adapun kronologi penemuan 25 bungkus barang bukti narkotika jenis kokain itu, kata Kapolres, pada Jum’at 01 Juli 2022 pk. 07.30 WIB di pantai Tunjuk Kecamatan Jemaja, mendapat Info dari Sdr. Rusdikon dan Samsul Bahri (RT) yang diterima Babinsa Serda Yugho, lalu hubungi Briptu Chandra.

“RUSDIKON, SAMSUL BAHRI, SERDA YUGHO dan BRIPTU CHANDRA langsung menuju lokasi begitu mendapat informasi bahwa ada menemukan 1 karung berisi 25 paket seberat 25 kg diduga kokain.”ujar Kapolres

Tak sampai disitu, kemudian dilakukan penyisiran kembali di Pantai Kumbik desa Landak dan ditemukan lagi 5 Bungkus pada hari yang sama pukul 11.00 oleh Kasatresnarkoba Polres Anambas, KBO Resnarkoba, Kapolsek Jemaja, Kanit Reskrim Polsek Jemaja, Bripda Galang Wahyu dan Bripda Rio Febrianto menemukan 5 bungkus kokain seberat 5 kg,”ujarnya

Dan selanjutnya terus dilakukan penyisiran, yang juga ditemukan 2 Bungkus plus 4 bungkus, pada pukul pk 14.00 WIB ditemukan 4 bungkus oleh Pak ASMALIS RT desa Teluk Kumbik dan 2 bungkus oleh ANDIKA MEMBRA warga desa Teluk Kumbik. Sehingga jumlah penemuan paket narkoba itu sebanyak 36 Bungkus sekitar 36 kg diduga positif mengandung kokain.”pungkanya (RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here