CARA BELAJAR MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN

0
249

Pendidikan merupakan jalur atau jembatan untuk mencerdaskan generasi bangsa dinegeri ini, pendidikan memiliki peran yang begitu penting dalam kemajuan bangsa. Apabila masyarakat memiliki pendidikan yang lebih baik maka baik pula generasi suatu negeri.

Berbicara masalah pendidikan berarti berbicara masalah pembelajaran. Salah satu pembelajaran dalam pendidikan adalah pembelajaran matematika.

Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang mempelajari ilmu-ilmu logis . dikatakan ilmu-ilmu logis karena matematika mempelajari semua yang ada dikehidupan kita misalnya kita mau buat rumah sudah pasti memakai rumus matematika, ibu-ibu yang berbelanja kepasar juga pasti memakai rumus matematika dan banyak contoh lainnya.

Namun mengapa kebanyakan dari kita khususnya para pelajar Indonesia kurang menyukai pembelajaran matematika disekolah ? karena para pelajar beranggapan bahwa pembelajaran matematika itu cukup sulit.

Dengan pemikiran awal seperti inilah membuat generasi bangsa merasa down karena adanya rasa takut duluan sebelum mencoba pembelajaran matematika itu sendiri. Selain itu terkenalnya guru matematika yang menyeramkan dikalangan pelajar merupakan salah satu bentuk ketakutan mereka untuk belajar matematika, bagaimana tidak jika ketika murid tidak mengerjakan PR matematika, siswa selalu dihukum. Sebenarnya wajar jika guru menghukum siswa yang tidak mengerjakan PR asalkan bentuk hukumannya mendidik.

Penampilan guru yang menarik juga menjadi faktor pembelajaran matematika yang menyenangkan, khususnya anak-anak SMP dan SMA yang masih dalam keadaan masa puber sehingga ketika mereka melihat guru matematika yang menggunakan pakaian yang rapi dan bersih, memakai baju dan jilbab yang balance, berbunga-bunga untuk guru yang perempuan bisa membuat mereka senang belajar matematika.

Siapa yang tidak ingin belajar dengan guru yang cantik, ganteng, bersih, dan lain-lain. Pastinya hal seperti ini yang diharapkan siswa dalam pembelajaran matematika. Saya sendiri mungkin akan betah juga seharian belajar matematika jika penampilan guru matematika nya menarik.

Faktor lainnya adalah cara guru mengajar, konsep yang diajarkan guru terhadap pembelajaran matematika harus sangat menarik karena pembelajaran matematika yang menyenangkan akan meningkatkan kesukaan para pelajar untuk belajar matematika.

Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan dalam dunia pendidikan matematika adalah pembelajaran lingkungan atau sering disebut environment learning.

Pembelajaran lingkungan merupakan pendekatan yang pelaksanaan pembelajarannya melibatkan siswa melalui pendayagunaan lingkungan sebagai sumber belajar.

Jika siswa hanya diletakkan didalam ruangan segi empat yang isinya hanya ocehan guru mungkin siswa akan bosan dan pembelajaran terkesan monoton. Tetapi jika pembelajaran matematika diselingi dengan pembelajaran lingkungan yang dilakukan diluar kelas akan membuat pembelajaran matematika sangat menyenangkan. Ketika saya sekolah dulu di MAN KARIMUN saya dan teman-teman sekelas lebih suka belajar matematika diluar kelas misalnya pada materi menghitung volume kerucut yang memasukkan pasir kedalam kerucut yang dibentuk dari karton.

Hal ini bisa membuat siswa senang belajar matematika dan akan selalu ingat konsep matematika dari pembelajaran lingkungan yang telah dilakukan.

Harapan saya semoga dengan adanya model pembelajaran lingkungan ini akan meningkatkan kecintaan pelajar indonesia untuk belajar matematika dan menjadi solusi dari pembelajaran matematika yang menyenangkan.

Saya juga berharap para guru, orang tua, dan pelajar sama sama berpartisipasi untuk terus belajar matematika yang menyenangkan terutama demi kemajuan pendidikan diindonesia. Saya pun sebagai mahasiswa yang berada di jurusan pendidikan matematika UMRAH akan berusaha mewujudkan cita-cita sebagai guru pendidikan matematika yang menyenangkan.

Penulis :

WINDA SAPUTRI
PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.