Walikota Batam Minta Warga Tetap Berada Dirumah

0
50

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Upaya antisipasi merebaknya Covid 19, Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, SE mengajak warga Batam untuk tetap berada di rumah selama akhir pekan.

Imbauan disampaikan Walikota Batam, usai rapat terkait percepatan penanganan corona virus disease (Covid-19) di Batam Centre, Jumat (20/3/2020.

“Surat edaran sudah beredar 4-5 hari lalu. Bahkan pendidikan sudah belajar di rumah. Akan tetapi masih ada masyarakat yang kumpul-kumpul. Ini yang kita harap tidak ada lagi. Mudah-mudahan 2-3 hari ini tidak ada lagi,” kata Rudi.

Ia menjelaskan, Pemerintah mencoba dalam dua hari Sabtu-Minggu ini, tidak ada lagi kegiatan keramaian di Batam.

Pemerintah berharap masyarakat bisa sepakat menjalankan rencana ini. Karena tujuannya tak lain adalah mencoba memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Semoga langkah pengurangan ini bisa berdampak pada pemutusan penyebaran Covid-19. Betul-betul bisa diputus dengan tidak ada kegiatan masyarakat yang jumlahnya besar di Kota Batam,” ujarnya.

Minggu (22/3/2020) mendatang merupakan hari besar Isra’ Mi’raj. Walikota Batam juga sudah menyurati pihak-pihak terkait termasuk tokoh agama untuk sementara waktu tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan jemaah ramai.

“Kita sudah sampaikan risiko yang bisa timbul. Kita tidak tahu apakah yang kumpul ini aman atau tidak dari virus corona. Maka disampaikan ke tokoh agama. Mereka yang bisa menjembatani ke umat kita yang melaksanakan ibadah,” tuturnya.

Hari Minggu juga merupakan waktu beribadah bagi umat Kristiani. Kepada pemuka agama nasrani, juga sudah disurati. Dan pengurus gereja juga sudah menyampaikan kesepakatan untuk sementara waktu tidak melaksanakan kegiatan ibadah mingguan.

“Masyarakat umum juga kita minta untuk berdiam di rumah di akhir pekan ini. Tidak usah ke mall. Bukan berarti saya larang ke mall, tetapi ramai-ramai ke mall tak belanja juga ngapain.” tutupnya (LS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.