Bidang Pendidikan, Bintan Kembali Terima Prestasi Penghargaan Indeks Kelola 2018

0
187

Bintan, independennews.com — Sektor Bidang Pendidikan Kabupaten Bintan kembali tuai prestasi dari Pemerintah Pusat. Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos kembali diganjar penghargaan level nasional. Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan mendapatkan Penghargaan Indeks Kelola 2018 yang diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir, M.Pd, M.Si dari Deputi Bidang Ekonomi Staff Kepresidenan ibu Denni Puspa Purbasari, SE, M.Sc, P.hd, di Ballroom Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Rabu (28/11) malam.

Kabupaten Bintan mendapatkan penilaian kinerja terbaik dalam kategori pembangunan bidang pendidikan. Kabupaten Bintan dinilai juga mampu meningkatkan kualitas angka partisipasi murni dibandingkan daerah lainnya. Angka putus sekolah juga dinilai rendah serta keberhasilan tersebut juga didukung dengan alokasi anggaran pendidikan sebesar 22 % , lebih besar dibandingkan daerah lainnya.

” Selain itu , Kabupaten Bintan juga dinilai memiliki tenaga pengajar berijazah S1 diatas 91% untuk sekolah SMP , lalu sekolah SD kita memiliki angka 77% ” ujarnya.

Malam pemberian penghargaan tersebut hanya dihadiri sekitar 66 kepala daerah yang terpilih sebagai pemenang Indeks Kelola, meliputi kategori pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan ekonomi.

Untuk diketahui, dari sumber katadata.co.id sebagai penghelat Penghargaan Indeks Kelola, hal ini bertujuan antara lain untuk mendorong penggunaan APBD yang sejalan dengan agenda bangsa dan negara, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pertumbuhan ekonomi.

Penghargaan Indeks Kelola sendiri didasari fakta banyaknya daerah yang dianggap masih kurang efektif dalam mengelola APBD. Misalnya dominasi APBD untuk belanja pegawai 37 persen, sedangkan untuk belanja modal hanya 20 persen. Selain itu, masih banyak daerah yang belum melaksanakan anggaran mandatory atau wajib sesuai dengan Undang-Undang, seperti 20 persen untuk anggaran pendidikan atau 10 persen untuk anggaran kesehatan.

” Komitmen memajukan Bidang Pendidikan terus kita lakukan, secara bertahap kita terus membenahi infrastruktur pendidikan sekaligus memberikan bantuan-bantuan untuk memajukan dunia pendidikan seperti Program Seragam dan Transportasi Sekolah Gratis ” ujar H Apri Sujadi, S.Sos, Bupati pertama di Prov Kepri yang menggagas program tersebut.
[30/11 07.42] ‪+62 812-7522-7555‬: Pemkab Bintan Terapkan Penggunaan Tapping Box.

Media Centre Bintan – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan akan segera menerapkan sistim tapping box pada subjek pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan guna mengoptimalkan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi. Hal tersebut dilakukan usai Monitoring dan Evaluasi Optimalisasi Penerimaan Daerah Dan Penerapan Tapping Box oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan Bersama Kasatgas Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah II Sumatera Bapak Adlinsyah M.Nasution serta Sejumlah Wajib Pajak yang hadir di Nirwana Garden Hotel, Lagoi, Kamis (29/11) siang.

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa penerapan tapping box guna mengoptimalkan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah, yang akan mulai diterapkan pada sejumlah hotel, restoran dan tempat usaha lainnya.

Menurutnya, penggunaan tapping box juga, sesuai dengan arahan dan saran KPK terhadap data objek dan subjek pajak dan Retribusi Daerah untuk penentuan besaran pajak dan retribusi daerah yang terhitung sampai dengan kegiatan penagihan pajak dan Retribusi kepada wajib pajak serta pengawasan penyetorannya.

” Tentunya kita sangat menyambut baik, dimana menerapkan sistim tapping box pada subjek pajak tertentu dapat mengoptimalkan pendapatan yang bersumber dari pajak dan Retribusi Daerah. Apalagi untuk, pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan menyumbang angka 50% lebih dari PAD Pemkab Bintan ” ujarnya

Kasatgas Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah II Sumatera Bapak Adlinsyah M.Nasution mengatakan bahwa pemasangan Tapping Box akan meningkatkan pendapatan asli daerah. Sistem yang diterapkan juga tidak rumit. Wajib pajak akan menerima alat Tapping Box secara gratis melalui Bank Kepri.

” Sistemnya seluruh wajib pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan akan dipasang mesin Tapping Box ” ujarnya

Menurutnya, dengan menjalankan program ini selain transparan juga pajak akan langsung terpotong dan terkirim ke kas daerah saat konsumen melakukan transaksi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bintan Yuzed mengatakan bahwa dari target penerimaan Pajak Asli Daerah (PAD) pada tahun 2018 sebesar 198 Milyar Rupiah. Maka dengan pemasangan Tapping Box , tentunya PAD Kabupaten Bintan akan lebih meningkat.

” Untuk tahap awal akan dipasang 150 mesin Tapping Box untuk wajib pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan. Dengan penerapan ini, maka pembayaran pajak tepat waktu dan tepat guna ” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.