Bawaslu Kepri : Natuna Tertinggi Partisipasi Pilkada 2020 se Kepri

0
86

Independennews.com, Natuna – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak diwilayah Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2020 lalu telah sukses digelar. Atas keberhasilan tersebut bawaslu merilis partisipasi pemilih  di wilayah Kepri, maka diketahui bahwa pastisipasi pemilu di Kabupaten Natuna tertinggi  se Kepri.

Demikian disampaikan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Idris, saat menghadiri Media Ghatering yang digelar oleh Bawaslu Natuna, Kamis (04/03/2021) pagi, di Hotel Ranai Darat, Bunguran Timur.

“Dari tujuh Kabupaten/Kota se Kepri, yang menggelar pilkada, Natuna menjadi jumlah partisipasi masyarakat pemilihnya tertinggi,” ujar  Idris,

Dia juga menyebutkan, dari seluruh jumlah daftar pemilih tetap, angka partisipasi pemilih di Kabupaten Natuna mencapai 84,73 persen. Disusul Kepulauan Anambas sebesar 83,58 persen, Lingga 81,13 persen, Bintan 78,91 persen, Karimun 68,56 persen, Batam 64,23 persen dan Tanjungpinang 62,15 persen.

“Alhamdulillah, jika dibandingkan pada Pemilu 2015 lalu, angka partisipasi pemilih di Kepri hanya 56,78 persen. Namun ditahun 2020 ini, mencapai 68,56 persen,” kata Idris.

Meskipun pilkada tahun ini dilaksanakan dalam kondisi pandemi,  sambung Indris, tidak  menjadi penghambat  bagi pihak penyelenggara dan peserta dan pemilih. Bahkan proses verifikasi sempat dihentikan 3 bulan, lantaran banyaknya desakan dari masyarakat dan berbagai elemen.

“Walaupun sudah ditunda, namun masih juga ada yang pesimis, karena khawatir akan menimbulkan klaster baru jika Pilkada tetap berjalan,” katanya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Natuna, Khairurrijal menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Natuna dan para insan pers, yang telah membantu mensukseskan Pemilukada serentak tahun 2020.

Menurut dia, tanpa adanya partisipasi dari masyararakat dan awak media, pesta demokrasi di daerah perbatasan tersebut, tidak akan bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

“Saya percaya, media memiliki peran yang sangat besar, sehingga masyarakat tidak mudah terpecah belah karena berbeda pilihan,” ujar Ijal (sapaan akrabnya).

Media Ghatering bertemakan “Peran Media Dalam Mencerdaskan Masyarakat Pemilih pada Pilkada Natuna Tahun 2020” itu, juga diikuti oleh sejumlah perwakilan awak media dari Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Natuna. Serta perwakilan dari pengelola akun media sosial group Facebook (FB) Berita Natuna (BN) dan Suara Mapena.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Diskominfo Natuna, Asmara Juana Suhardi, sebagai narasumber, Komisioner Bawaslu Natuna, Ayanef Yulius dan Lindawati, Ketua Panitia Pelaksana, Fisabilillah serta anggota Bawaslu dan tamu undangan lainnya. (Lubis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here