Aktivis Nasional Bilgardo Sinaga Berikan Bantuan Kepada Janda 5 Anak di Batam

0
614

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM –Respon cepat tim relawan kemanusiaan sahabat Birgaldo Sinaga langsung turun memberikan bantuan kepada Ibu Elista Purba, janda 5 anak yang viral melalui pemberitaan pada Sabtu (18/4/20).

Dalam video yang dibagikan Birgaldo Sinaga di akun Facebooknya. Terlihat mereka berbincang terkait kondisi ibu Elista Purba dan memberikan bantuan sembako, masker dan sebuah amplod. Minggu malam (19/4/2020).

Bilgardo Sinaga yang juga dikenal sebagai aktivis Nasional ini menyampaikan pesan supaya anak-anak Ibu Elista Purba tetap semangat dan selalu membantu orang tua.

“Kalian semangat yah, belajar keras, jangan pernah menyerah yah, kalian adalah anak yang hebat, anak yang kuat. Harus membantu mamanya yah, tau keadaan dan bisa merasakan,” pesannya.

Tidak berlangsung lama, Bilgardo Sinaga langsung pamit untuk pulang dan berjanji akan datang kembali.

Selain menguploud video, Bilgardo juga menuliskan tentang pertemuannya dengan Ibu Elista Purba.

Berikut tulisan Bilgardo Sinaga dalam akun Facebooknya.

IBU SINGLE PARENT INI MESKI STROKE MASIH MEMULUNG DEMI 5 ANAKNYA

Hari ini kami tim relawan kemanusiaan Sahabat Birgaldo Sinaga menyambangi kediaman Ibu Elsita Purba.

Kami mendapat info dari teman2 di Batam ada seorang Ibu single parent sedang kesusahan. Beritanya sudah rame di medsos tadi pagi.

Rumahnya berada di pelosok Batam. Kami kesulitan mencari alamat rumahnya karena informasi yang kami dapat tidak begitu jelas.

Akhirnya setelah memutar2 di beberapa RT RW beruntung ada yang mengenali Ibu Elsita.
Rumahnya berada di areal rumah liar Tanjung Piayu. Gubuk itu dibangun seadanya dari triplek bekas. Seng2 bekas jadi atap tanpa plafon. Kamarnya hanya satu.

Ibu Elsita sehari2 bekerja memulung barang bekas. Dulu sebelum corona ia mengaku bisa mendapat 50ribu setiap hari. Kini hanya bisa dapat 20ribu. Barang2 bekas langka ditemukan.

Ibu Elsita punya anak 5. Anak sulungnya laki2 sedang sekolah di kampung halaman Dolok Sanggul. Sekarang kelas 12 SMA. Tahun ini tamat.

Anak keduanya Hepi kelas 2 SMP. Dina kelas 5 SD. Debora kelas 2 SD. Dan si bungsu kelas 1 SD.

“Apa yang ibu butuhkan sekarang?”, tanya saya.

“Anak2ku butuh handphone untuk belajar online. Untuk ulangan online”, ujar Bu Elsita.

“Apalagi selain handphone Bu?”, tanya saya lagi.

Ia tersenyum kecil. Ia merasa cukup dengan pemberian beras dan telur. Ia tidak meminta lagi.

“Kesehatan sayalah ya Pak”, ucapnya pelan.

Ahhh..saya benar2 terharu mendengar permintaan sederhana namun sangat berarti ini. Kesehatan. Ia tidak meminta rumahnya diperbaiki. Padahal rumahnya bocor dan sempit.

Ibu Elsita hanya butuh anak2nya bisa belajar online. Dan didoakan kesehatannya. Tidak ada permintaan lain.

Saya teringat dengan mamak saya. Mamak punya anak 9 orang. Kehidupan keluarga Ibu Elsita 11 12 dengan keadaan saya saat masa kecil dulu.

Semua Ibu di dunia akan melakukan apapun demi anak2nya agar bisa bersekolah. Seperti mamaku dulu yang pontang panting menyekolahkan kami anak2nya.

Dari Bu Elsita saya belajar banyak, hidup ini bukan tentang apa yang ingin kita dapatkan. Tapi tentang prioritas utama dalam menghadapi kehidupan.

Anak2nya. Dan kesehatannya. Itu saja. Terimakasih Bu..
Salam perjuangan penuh cinta
Birgaldo Sinaga

Sebelumnya, pemberitaan media mengisahkan kondisi Ibu Elista Purba yang tinggal di rumah liar (Ruli) di pinggiran Pancur Swadaya Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Seibeduk Batam. Janda lima anak ini harus berjuang sebagai pemulung untuk bertahan hidup bersama ke lima anaknya.

Elista juga mengaku tidak pernah mendapat bantuan apapun dari Pemerintah Kota Batam.

(P. Sib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here