Akhyar Apresiasi PT Telkom Dukung Pengembangan Smart City Di Kota Medan

0
134

MEDAN, INDEPENDENNEWS.COM –Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyapaikan apreasiasinya atas dukungan PT Telkom Wilayah Medan terkait pengembangan smart city di Kota Medan. Sebab, dukungan yang diberikan itu tentunya akan memberikan kemudahan bagi Pemko Medan dalam memberikan pelayanan berbasis digital kepada masyarakat.

Apresiasi disampaikan Akhyar ketika menerima audiensi General Manager PT Telkom Wilayah Medan Sudarto bersama sejumlah manager di Balai Kota Medan, Rabu (19/2). Saat ini Pemko Medan terus melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan, sehingga masyarakat merasa terlayani dengan sebaik-baiknya.

“Kita sangat mengapresiasi tawaran PT Telkom Wilayah Medan untuk mendukung pengembangan smart city di Kota Medan. Di samping memberikan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat, juga mampu mendongkrak pemasaran pelaku UMKM yang ada di Kota Medan. Dengan bantuan smart city, insya Allah UMKM kita akan semakin tumbuh dan berkembang,” kata Akhyar didampingi Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval.

Diakui Akhyar, produk UMKM di Kota Medan sebenarnya tidak kalah dengan kota lain di Indonesia. Salah satu kendala memasarkan produk unggulan UMKM di Kota Medan, jelas Akhyar, sulitnya memasarkan. “Dengan smart city, tentunya para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara digital,” jelasnya.

Oleh karenanya Akhyar langsung minta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera menindaklanjuti tawaran GM Manager PT Telkom Wilayah Medan tersebut. Apalagi Sudarto dalam pertemuan tersebut, langsung mengundang Akhyar secara khusus untuk melihat langsung Living Lab Smart City Nusantara milik PT. Telkom di Jakarta.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakaraban tersebut, GM PT Telkom Wilayah Medan mengatakan, PT Telkom sebagai penanggung jawab layanan smart city berkomitmen mendukung pengembangan smart city di Kota Medan. Dengan demikian dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

PT Telkom, jelas Sudarto, memiliki program Smart City Nusantara. Dikatakannya, program itu merupakan bentuk layanan pengembangan smart city yang dapat digunakan stakeholder, khususnya pemerintah daerah guna memberikan kemudahan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis digital.

Guna mendukung pengembangan smart city tersebut, Sudarto pun mengundang Akhyar untuk melihat langsung Living Lab Smart City Nusantara di Jakarta. “Dengan melihat langsung Living Lab, Bapak Plt Wali Kota tentunya dapat menentukan apa yang paling sesuai untuk pengembangan smart city di Kota Medan,” jelas Sudarto. (H)

Selain itu Akhyar juga berharap dukungan pengurus dan anggota Pewarta Foto Indonesia untuk ikut mendukung gerakan, “Yok Bikin Cantik Medan” yang kini terus digelorakan. Ditegaskan Akhyar, gerakan ini bukan untuk gagah-gagahan atau sok-sokkan, tapi sebagai salah satu upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat agar mau berpartisipasi menjadikan Kota Medan lebih cantik.

“Jargon atau gerakan, Yok Bikin Cantik Medan” berdasarkan hasil turun lapangan yang saya lakukan. Ada masukan dari anak-anak muda yang mengajak ingin membikin cantik Kota Medan. Keinginan mereka itulah langsung saya tindak lanjuti. Jika gerakan ini terus digelorakan tentunya akan menjadi snow ball, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Meski gerakan “Yok, Bikin Cantik Medan” belum lama digulirkan, jelas Akhyar, hasilnya perlahan-lahan mulai terlihat. Lingkungan dan kelurahan mulai bergerak melakukan pembenahan untuk mempercantik diri. Yang membuat Akhyar senang lagi pada saat pembukaan MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan di Kecamatan Medan Selayang, usai acara tidak ditemukan lagi botol air mineral kemasan berserakan di lokasi acara karena warga yang hadir umumnya membawa tumbler.(H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here