Ahok Dinyatakan Tersangka Kasus Penistaan Agama

0
704
Poto : Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Jakarta-Bareskrim Polri mengumumkan penetapan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur Non Aktif sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama, terkait pernyataan Ahok tentang surat Al Maidah 51.

Hal ini diumumkan Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono Sukmanto di Jakarta, dalam siaran pers, Rabu (16/11/16)

“Penetapan status Ahok sebagai tersangka terkait pernyataan Ahok tentang surat Al Maidah 51 di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Kesimpulan tersebut, setelah gelar perkara yang dilakukan pada Hari selasa (15/11/16) yang menghadirkan pelapor, kuasa hukum terlapor, dan 6 ahli pelapor dan terlapor, selain itu, polri juga telah memeriksa 29 saksi dan 39 ahli.

“Meskipun tidak bulat didominasi oleh pendapat yang menyatakan bahwa perkara ini harus diselesaikan di pengadilan terbuka. Dengan demikian, perkara ini akan ditingkatkan dari tahap penyelidikan ke Penyidikan,”ujarnya.

Ahok ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Pasal 156 a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan para penyelidik bekerja secara independen dan bukan karena perintah atasan.

“Penyelidik bekerja secara independen berdasarkan Undang-undang, bukan atas perintah atasan,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai pengumuman ahok dinyatakan tersangka oleh Kabareskrim. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here