WFQR Lantamal IV amankan Kapal KLM Putri Setia Bermuatan Elektronik

0
1047
Poto : Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Tanjungpinang bersama Bea Cukai sedang melakukan pembongkaran muatan kapal (kd)

Batam – Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Tanjungpinang pada Kamis  10 November 2016, Sekira pukul 20.00 WIB, melakukan penangkapan kapal KLM Putri Setia saat berlayar di perairan Barelang pada posisi 0.57.803N – 104.02.188E  bermuatan  barang barang elektronik.

Petugas WFQR  mengamankan Kapal KLM Putri Setia GT 31 jenis kargo bersama nahkodanya bernama Acan dan  ABK 6 orang.  Kemudian kapal tersebut di amankan ke Dermaga Batu Hitam Lantamal IV Tanjungpinang seperti dilansir Kepridays.

 

Danlantamal IV Laksma TNI S Irawan mengatakan kepada pengusaha dan pemilik kapal agar tidak lagi melakukan kegiatan ilegal.

“Dari hasil pemeriksaan, Kapal KLM Putri Setia GT 31 tidak mengantongi dokumen Surat Perintah Berlayar dari Barelang ke Tanjung Balai Karimun nihil, Manifest Muatan nihil, Buku Kesehatan nihil,”Ujar S Irawan

Danlantamal menegaskan, pihaknya akan memberangus semua kegiatan yang sifatnya ilegal sampai kapanpun.

“Dihimbau kepada pengusaha dan pemilik kapal agar menghentikan kegiatan yang berbau ilegal, jika tetap melakukan kegiatan ilegal kami akan sikat habis, sampai kapanpun.”Tegasnya

Sementara itu, menurut pengakuan nahkoda Acan, modus kapal ini menggunakan dua nama saat memuat barang dipelabuhan tikus menggunakan nama KLM HARAPAN JAYA, dan setelah selesai muat dan berlayar sampai masuk pelabuhan yang dituju berganti nama menggunakan nama KLM PUTRI SETIA.

“barang yang ada dalam kapal dimuat dengan 19 unit Truck Fuso, rencananya akan dibawa ke Tanjung Balai Karimun,”Kata Acan

Modus operandi barang-barang muatan diduga dari Singapura, kemudian dibawa ke Batam menunggu situasi aman selanjutnya berangkat dari Jembatan 4 Barelang (Tanjung Kertang) tujuan Tanjung Balai Karimun.

 

Sementara itu, Personil Lantamal IV Tanjungpinang menurunkan semua muatan kapal, seluruh barang elektronik ilegal dibongkar di Dermaga Batu Hitam Lantamal IV Tanjungpinang, dengan membawa pengawasan tim gabungan Bea Cukai Tanjungpinang.

Sedangkan jumlah item barang dan jenis barang elektronik tersebut, belum dapat dihitung jumlahnya mengingat barang sangat banyak dan memerlukan waktu.(kd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here