Tumbuhan Porang Berkasiat, Dandim 0313 KPR Kembangkan Budidaya Porang

0
390

INDEPENDENNEWS.COM, KAMPAR — Porang adalah salah satu tumbuh- tumbuhan yang sulit ditemukan. Tanaman ini belum banyak di kenali oleh masyarakat banyak. Sungguh suatu keberuntungan tumbuhan yang jarang ini ditemukan oleh salah seorang Anggota Dandim 0313 Kampar di dalam hutan, Kabupaten Rohul.

Konon kabarnya tubuhan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, hal itu mendorong Dandim 0313 KPR, Letkol Aidil Amin melakukan penelitian dan membudidayakan tanaman tersebut.

“Tanaman porang mudah dibudidayakan, selain tidak rewel, tumbuhan Porang bisa tumbuh secara tumpang sari dengan tanaman lainnya seperti di lahan kebun karet, tanaman sawit atau tanaman lain nya.” ujar Dandim Aidil kepada Awak media ini saat diminta melakukan peninjauan budidaya tumbuhan Porang, Sabtu (28/9/19) di Markas Makodim 0313.

Dalam peninjauan itu Dandim di dampingi Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar Drs. H.Yusri, Kadis pertanian Hendri dunan dan Kadis Tanaman Pangan Ir. Cokro Aminoto.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasinya kepada Komandan Kodim 0313 KPR Letkol Aidil Amin atas upaya yang dilakukannya untuk pengembagan pembudidayaan dan pembibitan tanaman porang.

“Kegiatan pengembangan budidaya tumbuhan porang dapat membantu meningkatkan ekonomi rakyat, tanamn nya mudah pembudiyaan nya karena tidak memakai lahan yang terlalu luas atau bisa tumpang sari.” ujarnya

Melihat budidaya tanam porang yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, Syamsur langsung memerintahkan Kadis Pertanian Provinsi Riau agar memberikan bimbingan kepada masyarakat dalam pengembangan tanaman porang.

Dia juga menyampaikan bahwa daerah yang dia pimpin masih jauh tertinggal dengan daearh lain, oleh karena itu, kata Syamsuar, perlu mencontoh daerah lain yang lebih maju.

“Kampar ini termasuk daerah maju masak tidak ada yang kita munculkan. Dari situlah kami berinisiatif untuk mengubah pola hidup petani terutama di daerah kampar.” tutupnya (Rizki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.