Tingkat Partisipasi Pilkada 2020, Kabupaten Lingga Lampau Batas Tingkat Partisipasi Nasional

0
161

 

Independennews.com, Lingga – Pemerintah Pusat menetapkan Kabupaten Lingga melampaui batas pada tingkat Partisipasi Nasional, dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 lalu, yang mencapai sekitar 81 persen partisipasi pemilih.

“Pemerintah pusat dalam situasi pandemi COVID -19 sudah menetapkan Tingkat Partisipasi Nasional Pilkada 2020 sebesar 77,5 persen. Dalam penetapan tersebut Kabupaten Lingga melebihi tingkat partisipasi yang telah di tetapkan oleh pemerintah pusat dengan tingkat capaian partisipasinya mencapai 81 persen,” ujar Ketua Bawaslu Zamroni, dalam sambutannya pada pertemuan koordinasi bersama stakeholder se- Kabupaten Lingga, Rabu (3/3/2021) di One Hotel.

Atas pencapaian itu, Zamroni menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Stakeholder yang sudah ikut berperan berpartisipasi di Pilkada 2020, karena telah membantu dalam pengawasan di Pilkada gubernur dan bupati tahun 2020 lalu.

“Suatu proses perjalanan panjang Pilkada 2020, dapat dikatakan baru bertama kali dilaksanakan tengah pandemi covid -19. Seharusnya Pilkada sudah dilaksanakan di akhir 2019, dan dilanjutkan di tahun 2020,” jelasnya

Akibat terjadi pandemi covid- 19, Sambung Zamroni, tahapan Pilkada sempat terhenti beberapa bulan, yang tadinya pelaksanaan Pilkada ditetapkan tanggal 23 september 2020. Dengan pertimbangan eksekutif dan legislatif maupun penyelenggara maka ditetapkan pada bulan desember 2020.

“Alhamdulilah, meskipun dilaksanakan di tengah pandemi covid -19 pilkada dapat berjalan dengan baik. Hal ini sudah barang tentu dikarenakan adanya partisipasi pemilih dan kerja sama kita semua. Kita semua bisa patuh menjalani mematuhi protokol kesehatan.” Tutupnya

Mengakhiri acara rapat koordinasi itu, ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lingga, Zamroni menyerahankan Piagam secara simbolis kepada beberapa Stakeholder Se-Kabupaten Lingga.

( juhari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.