Terbentur HGU Perusahaan, 4 Rumah Warga Tebo Terancam Batal Menerima BSPS

0
134

TEBO, INDEPENDEN NEWS.COM — Empat rumah warga di Desa Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah terancam batal menerima Batuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dilaksanakan Dinas Perkimtan Kabupaten Tebo, dikarenakan berdiri diatas lahan (HGU) milik PT.Tebo Indah.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Rusdi ST. Kabid Perumahan Perkimtan Kabupaten Tebo kepada Independennews.com.

“Apabila lahannya masuk dalam Hutan Kawasan, Kawasan Perizinan (HGU) dan dalam diatas Sempadan Sungai. Maka program Batuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tersebut tidak dapat di realisasikan dalam hal ini batal,” kata Rusdi ST, saat ditemui di kantornya. Rabu, (4/12/2019).

Dikatakan Rusdi, jika ada rumah penerima BSPS berdiri diatas HGU milik orang lain, maka harus dipindah ke lahan milik sendiri.

“Setelah persyaratan adrimistrasi terpenuhi, maka kami akan lakukan surve ke lokasi. Jika ada lahan rumah penerima masuk dalam Kawasan Hutan Produksi, Kawasan Perizinan (HGU) dan masuk Sempadan sungai. Penerima bisa mengalihkan ke tempat lahan milik sendiri,” katanya.

Terpisah. Eldiyanto selaku Ketua Pemuda Penampuian menyampaikan, pihaknya mempertanyakan HGU Perusahaan yang menguasai lahan tempat rumah warga.

“Kita bingung dengan HGU PT Tebo Indah. Tanah tempat rumah warga dan kebun warga bisa masuk dalam HGUnya. Seharusnya yang masuk HGU adalah kebun yang bermitra dengan Perusahaan,” ujarnya.

Pihaknya mengaku kecewa dikarenakan gegara HGU milik perusahaan tersebut, rumah warga tidak bisa mendapat sertifikat rumah. Bahkan mengakibatkan terkendalanya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang semestinya tidak ada kendala, jika perusahaan berlaku adil.

“Akibat HGU ini, kami jadi tidak bisa ikut program Proyek Agraria Nasional (Prona) seperti sertifikat gratis. Atas pengekangan ini kami sangat berharap akam perhatian Pemerintah pusat untuk memberikansolusi yang memihak kepada masyarakat.” Harapnya penuh

Liputan : HRF
Editor : P. Sib

Poto Salah satu Rumah dari 4 rumah warga yang terancam gagal terima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.