Tarif PDAM Mual Natio Melonjak Tajam, Dimposma Diminta Evaluasi Direktur PDAM Mual Natio Lamtagon

Bukti Pembayaran Rekening PDAM Konsumen

IndependenNews.com | Taput – Pelanggan Air PDAM Mual Natio menyebutkan tagihan airnya naik hingga 10 kali lipat lebih dibanding pada pembayaran bulan sebelumnya.

Dan bukan itu saja ada juga tagihan pelanggan yang pemakaian air 0 (Nol) m³ kubik namun dikenakan pembayaran Rp.91.350, sementara untuk pemakaian 35m³ pada bulan oktober tahun lalu tarif tetap membayar Rp 91.350,-

Hal ini membuat sebagian besar pelanggan Harus keluarkan dana untuk membeli Air isi ulang untuk di konsumsi dan keperluan lainnya. Demikian ungkap salah seorang warga Hutabarat Gibson Sianturi disalah satu warung kopi yang terletak tidak jauh dari kantor PDAM Taput.

“Pelayanan yang diberikan PDAM Tarutung tidak maksimal, selain tarif yang mahal juga airnya kotor, terlebih masalah kenaikan tarif, yang seharusnya sebelum dilakukan kenaikan taris ada sosialisasi agar konsumen mengetahui berapa besaran kenaikan tarif sesuai peraturan yang di sahkan,” ujarnya.

Menurut Gibson, hingga saat ini pihaknya tidak tahu mau mengadu sama siapa, karena sebelumya mereka udah komplain dikantor PDAM Mual Natio tetapi tidak ada solusi bahkan terkesan diabaikan

Sementara itu, manejer Hubungan Pelanggan PDAM Jepri Simorangkir ketika di hubungi melalui seluler belum memberi tanggapan hanya mengatakan “maaf saya lagi dipesta dan coba kekantor aja dan mengarahkan agar menemui Boru Hutabarat”.

Mengomentari keluhan warga tersebut Ketua DPD Sumut Monitoring Penegakan Hukum Indonesia (MPHI) Norris Hutapea, Kamis (20/6/2024) meminta Pihak PDAM Mual Natio memberlakukan tarif yang normal bagi pelanggan ataupun sosialisai bagi kenaikan tarif.

Dan sudah saatnya pihak PDAM Mual Natio berbenah dan lebih terbuka apa alasan kenaikan tarif yang melonjak tajam. Disamping itu mengatasi permasalahan kualitas air yang selama ini dikeluhkan masyarakat .

Norris Hutapea juga meminta kepada PJ Bupati Taput Diposma Sihombing, untuk mengevaluasi kinerja PDAM Mual Natio terutama Lamtagon Manalu sebagai Direktur PDAM Mual Natio.

Sebab selama bertahun-tahun menjadi direktur PDAM, Lamtagon tidak bisa mengatasi permasalahan air dan tarif selalu melonjak secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan atau alasannya

“Kita minta PJ agar mengevaluasi Kinerja PDAM, terutama Lamtagon. Sebab sudah bertahun-tahun sebagai Direktur PDAM persamalahan itu-itu saja. Bahkan tarif air sering mengalami kenaikan tanpa ada pemberitahuan ataupun alasan,”terang Norris (Maju Simanungkalit)

You might also like