Satgas Karhutla Koramil 16 Tapung Kodim 0313 KPR Manfaatkan Lahan Tidur Kolam Ikan

0
213

INDEPENDENNEWS.COM, KAMPAR –Dalam upaya optimalisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Koramil 16/ Tapung dan menindaklanjuti arahan Dandim 0313/ KPR Letkol Inf M.AIdil S.I.P. M.Pol
Koramil 16/ Tapung berkoordinasi dengan Instansi terkait bersinergi melakukan upaya pencegahan Karhula.

Danramil 16/ Tapung Kapten Inf Taufik Sihombing menjelaskan, bahwa upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan melalui kerjasama TNI, POLRI, Manggala Agni, MPA yang ada, tentunya juga peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan agar tidak munculnya titik api dan menekan tingkat bahaya Karhutla utamanya di daerah Rawan Karhutla Desa Karya Indah Kec. Tapung dan Desa Kota Garo Kec. Tapung Hilir Kab. Kampar.

“Upaya pencegahan Karhutla yang telah dilaksanakan yaitu berupa peningkatan Sosialisasi, Patroli, dan pemadaman dini. Untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan kewaspadaan terhadap Karhutla dilakukan juga terobosan terobosan seperti pemanfaatan lahan tidur dengan cara tidak membakar lahan, karena kalau membakar bisa lahan lain ikut terbakar disebabkan tidak mampu mematikannya,”Jelas Pelda Ketut.

Salah satu yang dilakukan Tim 2 Subsatgas – 6 dipimpin oleh Pelda Ketut adalah dengan meningkatkan fungsi lahan gambut yang dijadikan kolam untuk ternak ikan, contohnya Sdr Cak Mail di RT 9 RW 2 Dusun 2
Jalan Merpati RT Desa Karya Indah , warga ini bertambah semangat dengan Penyuluhan yang dilakukan anggota Satgas.

“Ini akan dijadikan contoh buat warga yang lahannya masih tidur dan berjenis Gambut , dan hal ini menjadi binaan Babinsa setempat,” terang Pelda Ketut (Rizki).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here