Peringati Hari Jadi Ke-13, DPRD dan Bupati Anambas Gelar Rapat Paripurna Bahas 4 Arah Kebijakan Pembangunan

0
120

Independennews.com, Anambas – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kepulauan Anambas yang ke-13, DPRD Anambas menggelar rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Anambas, Hasnidar pada hari Kamis (24/6/21).

Rapat tersebut juga diikuti oleh Bupati Anambas, Abdul Haris dengan mengusung tema “Dengan semangat hari jadi ke-13 kita wujudkan kabupaten kepulauan anambas aman dalam rangka pemulihan ekonomi” dan subtema “Dukung program pemerintah bersama-sama untuk mewujudkan masyarakat sehat dan pemulihan perekonomian”.

Pada kesempatan itu, Bupati Anambas, Abdul Haris menyampaikan bahwa arah kebijakan dan pembangunan daerah (Anambas) secara garis besar tertuju pada 4 hal yakni pertama berkaitan dengan pembangunan karakter dengan menerapkan nilai-nilai pancasila.

“Pentingnya pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk karakter dan kepribadian seseorang sehingga menjadi orang orang yang memiliki nilai moral yang tinggi, tinggi toleransi, berprilaku baik dan berakhlak mulia,” ujar Abdul.

Lanjut kata Abdul, poin kedua terkait pembangunan ekonomi masyarakat desa pesisir/ pinggiran. Ia mengatakan dengan beroperasinya pelabuhan roro telah meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir.

“Dengan adanya konektivitas (keterhubungan) antar pulau tentu akan terjadi arus lalu lintas orang dan barang dan disini perputaran ekonomi terjadi,” ungkapnya.

Poin ketiga kata Abdul, terkait pencanangan kampung bahari nusantara yang merupakan giat pangkalan TNI-AL Tarempa dengan memanfaatkan potensi SDM dan SDA yang ada di Anambas.

Ia menyampaikan, sasaran pencanangan tersebut yaitu desa Batu Belah dan desa Temburun di Kecamatan Siantan Timur.

“Pemerintah daerah juga ikut berperan dan berkaloborasi secara berkelanjutan agar memiliki nilai manfaat bagi institusi, masyarakat dan pemerintah daerah, dan kedepannya ada desa-desa lainnya yang segera menjadi kampung bahari nusantara,” imbuhnya.

Kemudian poin terakhir terkait penghargaan atas terpilihnya desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan sebagai desa “cantik” yaitu desa cinta statistik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Kep. Anambas.

“Harapannya dengan adanya program ini akan lahir komunitas-komunitas cinta statistik di desa,” harapnya.

Terakhir ia juga mengingatkan masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan demu mencegah penyebaran Covid-19.

“Salah satu program pemerintah saat ini adalah pelaksanaan vaksinasi, jadi kita harus segera percepat lagi pelaksanaannya,” tutupnya.(RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here