Pengunaan APBDES di Desa Lumban Sialaman Paranginan Terjadi Penyelewengan ? Penegak Hukum Terkesan Tutup Mata

0
774

PARANGINAN, INDEPENDENNEWS.COM — Desa Lumban Sialaman mendapat trasferan APBDES 2019 dari Pemerintah Pusat sebanyak 1 Milyar lebih, sesuai dengan yang tertera di papan Informasi APBDES 2019 Desa Lumban Sialaman, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan.

APBDES 2019 tersebut dianggarkan menjadi 2 bagian yakni, untuk Dana Desa sebanyak 728.731.000, dan untuk Alokasi Dana Desa sebanyak 344.731.000.

Investigasi Independennews.com dilapangan, penggunaan APBDES 2019 Lumban Sialaman banyak kejanggalan dan diduga kuat sarat KKN. Pasalnya, adanya jumlah anggaran yang dilontarkan tidak sesuai dengan hasil dan spesifikasi di lapangan.

Salah satunya bangunan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa yang menelan anggaran ratusan juta, namun hasil di lapangan terlihat bangunan asal jadi dan terkesan ditelantarkan.

Salah satu warga Lumban Sialaman kepada Independennews.com mengaku kecewa akan penyaluran dan hasil dari anggaran APBDES Lumban Sialaman selama 5 tahun belakangan.

“Kita tidak tahu kemana anggaran Desa mengalir, adapun pembangunan kita tidak mengetahui berapa anggarannya dan dari mana uang tersebut,” katanya kepada Awak media ini. Rabu,(8/1/2020).

Pantauan Independennews.com, salah satu proyek pembangunan jalan di Desa Lumban Sialaman tidak memiliki plang informasi berapa anggaran proyek, siapa kontraktor, pengawas dan konsultan proyek tersebut.

Untuk diketahui, di tahun 2016-2017, ada 110 kepala desa yang ditangkap karena korupsi. Sedangkan selama 2018 saja, ada 102 yang sudah diciduk.

Hingga berita ini di kirim, Kepala Desa Lumban Sialaman dan Perangkat Desa Lumban Sialaman belum bisa di konfirmasi terkait penggunaan Anggaran ADD di Desa Lumban Sialaman.

(Pino Siburian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here