Pemkab Karimun Gelar Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila

0
48

INDEPENDENNEWS.COM, KARIMUN –Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingari Hari Lahirnya Pancasila, pada Sabtu 1 Juni 2019 di Lapangan Kantor Bupati Karimun.

Pada upacara peringatan Hari lahirnya Pancasila ini Bupati Karimun Aunur Rafiq bertugas sebagai inspektur upacara. Turut hadir pada upacara tersebut Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si, FKPD Karimun, Sekda Karimun, dan para OPD Karimun serta sejumlah personil TNI Polri dan seluruh ASN dan Honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq selaku inspektur upacara menyampaikan amanah dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Indonesia merupakan negara kepulauan yang semakin kokoh dengan beragam ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya, dengan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan hidup yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang sampai saat ini walaupun masih belum secara sempurna berhasil melestarikan nilai-nilai pancasila.

“Kita akui bahwa eksistensi keindonesian baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga saat ini berkat Pancasila” ujanya

Proses internalisasi seksligus pengalaman nilai-nilai pancasila harus dilakukan diperpanjang secara terus menerus yang tertanam didalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong kebersamaan yang ada menjadi suatu berkah, dan sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dan Presiden RI berpesan bahwa memperingati hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 01 Juni merupakan suatu keniscayaan, menjadi momentum sejarah bagi berdirinya bangsa yang berjasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara. Menjadikan Pancasila untuk membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara lebih baik.

Pancasila sebagai “Ieitstars dinamis” bintang penuntun mendukung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan sebagai energi positif bangsa, pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Diakhir pidatonya, Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq menambahkan, kita sampaikan selamat melaksanakan puasa ramdhan. Menyinggung tentang libur lebaran Bupati Karimun memgungkapkan cuti bersama dalam rangka hari raya Idul Fitri 1440 H/2019 M dimulai dari tanggal 3,4 dan 7 dan pada tanggal 10 Juni 2019 masuk kembali bekerja seperti mana biasanya.

Bupati berharap kepada seluruh ASN dan Honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun untuk tidak menambah jadwal cutinya yang telah ditetapkan oleh pemerintah kecuali jika sakit. (Razaali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.