Musim Kemarau Hutan Rawan Kebakaran, Bupati Apri Himbau Masyarakat Waspada

0
101
Poto Bupati Bintan Apri Sujadi

Bintan, independennews.com — Musim kemarau di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Bintan dan sekitarnya. Menyebabkan Kebakaran hutan di beberapa titik dalam dua pekan belakang, diduga akibat kemarau dan faktor cuaca yang membuat hutan mudah terbakar.

Merespon kondisi tersebut, Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa waspada dan sama-sama saling bersinergi. Hal ini memang permasalahan yang tidak mudah diatasi, sebab faktor lingkungan merupakan rumusan yang sulit diprediksi.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada dan siaga, mengingat wilayah kita masih dominan dengan hutan. Terlebih bagi pemukiman yang dekat dengan hutan, tingkatkan kewaspadaan dan jaga lingkungan kita bersama.”Kata Apri

Dikatakan Apri, untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan tanggap bencana.

“Saya sudah instruksikan pada instansi terkait, selanjutnya bantuan dan kerjasama dari masyarakat juga kami harapkan” papar Apri saat dihubungi melalui sambungan telephone seluler, Selasa (5/3).

Apri juga menambahkan, himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, menjauhi hal-hal yang berhubungan dengan pembakaran dan segera melaporkan jika ada kebakaran hutan.

“Jangan bakar sampah sembarangan termasuk buang puntung rokok yang masih menyala. Masih banyak lagi penyenab kebakaran hutan, tapi setidaknya kita minimalisir. Masyarakat juga, kami harapkan dapat sigap dalam melaporkan peristiwa kebakaran yang terjadi, satgas dan tim kita standby selalu 24 jam jika ada laporan” pungkasnya.

Salah seorang Petugas DAMKAR BPBD Kabupaten Bintan Dedy. P saat dikonfimasi sempat menceritakan beberapa proses pemadaman yang dilakukan dirinya bersama satuan tim. Tidak ada masalah dan hambatan yang berarti, namun dirinya berharap masyarakat dapat terus bekerjasama dengan segera melaporkan setiap kejadian.

“Semalam kami turun ke dua titik kebakaran, di Kawal kemudian Ceruk Ijuk. Alhamdulillah lahan yang terbakar belum terlalu meluas dan bisa segera dipadamkan. Rata-rata titik api mencapai puluhan sampai ratusan meter dan bisa segera dipadamkan. Respon cepat dari masyarakat ini yang kami butuhkan, jadi kami bisa cepat tanggap” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Bintan juga mengharapkan agar seluruh masyarakat termasuk perangkat warganya bisa mencatat nomor kontak Satuan Petugas Pemadam Kebakaran di setiap wilayah UPT dan jangan sungkan untuk langsung menghubungi. Berikut daftar kontak Satgas DAMKAR Pemkab Bintan yang bisa dihubungi :

1. UPT I (Wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Kecamatan Toapaya, Kecamatan Teluk Bintan)
@ 0852-6429-8857
@ 0831-8337-8546
2. UPT II (Kecamatan Bintan Utara, Kecamatan Teluk Sebong, Kecamatan Seri Kuala Lobam)
@ 0813-7206-4646
@ 0771-465-1295
3. UPT III (Kecamatan Bintan Timur)
@ 0813-7247-3943
@ 0812-6175-396

(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.